Buka Bersama yang Penuh Berkah | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Buka Bersama yang Penuh Berkah

630 kali dilihat

Ramadhan memberi kita banyak pelajaran kebaikan. Salah satunya lewat acara buka puasa bersama yang kerap kali dilakukan. Acara ini bisa jadi media untuk mempererat ukhuwah, dan meningkatkan semangat membantu orang lain. Selain itu, kita bisa membangkitkan sifat dermawan yang akan membuat Allah lebih sayang kepada kita. Dan lebih beruntungnya lagi, bahwa semua kebaikan dan pahala dari yang telah kita lakukan untuk orang lain ataupun diri kita sendiri tersebut, semua akan kembali kepadadiri kita lagi. Rasullullah Sallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Barangsiapa memberikan hidangan berbuka puasa bagi yang berpuasa, maka baginya seperti pahala yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang berpuasa” (HR. At-Tirmidzi)

Pahala itu Insha Allah akan mengalir kepada kita selama tidak ada rasa sombong atau bangga diri karena merasa bahwa apa yang telah kita hadirkan dalam acara berbuka tersebut adalah semata-mata karena kemampuan kita sendiri. Karena segala nikmat dan kemampuan hanya karena dari Allah, dan hanya karena Allah saja.

Buka puasa bersama memang diperbolehkan selama kita tidak meyakini bahwa hal ini adalah ibadah wajib yang harus dilakukan. Sebagai seorang muslimah yang baik, kita juga akan peduli untuk tidak merusak momen penuh kebaikan di acara buka bersama tersebut dengan melakukan hal yang justru dilarang oleh Allah, seperti berkumpulnya laki-laki dan perempuan tanpa batas, atau berbicara panjang lebar sehingga salat magrib dan isya’ kita malah tertunda, dan lain- lain.

Karena inti dari acara ini adalah untuk lebih menambah kedekatan kita kepada Allah, dan agar Allah memberi keberkahan dan pengampunan untuk kita. Jadi apapun yang terjadi di dalamnya,memang aturan Allah yang berlaku dan harus kita taati, agar apa yang kita harapkan tersebut, bisa tercapai oleh kita.

Jadi untuk siapapun kita yang ingin melaksanakan buka bersama di akhir-akhir Ramadhan ini, semoga kita bisa memurnikan niat kita dalam melaksanakan acara tersebut, hanya karena Allah saja. Bukan untuk sarana kerusakan apalagi ajang pamer kekayaan dan gengsi, agar berkah dan pahala Allah senantiasa turun untuk kita. Aamiin.  






Writer : Ratna P Sari

Editor : BL



RELATED ARTICLE