Cara Sukses Menaklukkan Ketakutan Kita Sendiri | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Cara Sukses Menaklukkan Ketakutan Kita Sendiri

259 kali dilihat

Setiap orang pasti punya rasa takut, entah itu pada sesuatu atau seseorang. Porsinya sih, setiap orang beda-beda. Dampak dan reaksinya pun juga nggak ada yang sama. Tapi kebanyakan semua itu berasal dari satu sebab, yaitu karena kita merasa tidak aman akan sesuatu atau seseorang tersebut.

Walau memang ketakutan pada setiap orang itu pasti ada, tapi jika ketakutan terus ada pada dirinya, dan orang itu sendiri nggak berusaha untuk mengalahkannya, maka dia akan rada susah menjadi pribadi yang maju. Contoh saja, dia yang takut dengan keramaian. Akhirnya dia berusaha untuk selalu menyendiri dan berada pada suasana sepi. Padahal kadang dalam hidup ini kita nggak bisa memilih pada situasi apa kita akan berada. Akhirnya karena ketakutan tersebut dan juga karena  persepsi yang dia bangun pada dirinya sendiri itulah, jadi terhalanglah banyak aktivitasnya sendiri.

Kawan, ketakutan itu kadang hanya diri kita sendiri yang menciptakannya. Dan diri kita juga yang menambah-nambahkan suasananya agar tampak lebih menakutkan. Padahal kenyataannya yang ada, ternyata nggak se-horor yang kita takutkan. Hanya mungkin persepsi, khayalan dan bayangan kita saja yang berlebihan.  

Maka beruntunglah kita orang muslim yang diajarkan untuk hanya memberikan rasa takut itu kepada Allah saja. Dan ketika kita menjalankan hal tersebut, justru rasa takut ini akan berbuah taat. Setiap kita merasa takut akan sesuatu, seseorang atau pada apapun, iman kita akan berbicara dan hati kita akan menimbang-nimbang apakah rasa takut ini sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah atau tidak. Hal ini akhirnya membawa kita pada keadaan dimana kita lalu bisa menenangkan diri sendiri, dan memberikan pertimbangan pada diri kita kalau ternyata rasa takut itu bertentangan dengan yang Allah perintahkan.

Kita yang takut juga akhirnya akan merasa lebih aman. karena ketakutan yang hanya kepada Allah menggiring kita pada persepsi bahwa toh nggak ada hal yang lebih besar dari kuasa Allah di alam semesta ini. Jadi apa yang harus ditakutkan lagi?

Selanjutnya, kita akan banyak belajar, kita juga akan banyak mengambil hikmah serta kita akan lebih mengenal diri sendiri dan bagaimana cara kita berdiskusi dengan diri kita sendiri untuk lepas dari rasa takut kita. Hal ini pas banget dengan Firman Allah Ta’ala, (yang artinya),

Oleh sebab itu berikanlah peringatan karena peringatan itu bermanfaat, orang yang takut (kepada Allah) akan mendapat pelajaran, dan orang-orang yang celaka (kafir) akan menjauhinya. (Yaitu) orang yang akan memasuki api yang besar (neraka)” (QS. Al A’laa: 9-12).

Jadi jika kita ingin hidup tenang, maka serahkan ketakutan kita hanya kepada Allah saja. Jangan pernah takut pada apapun kecuali pada Allah. Jangan pernah takut kepada apapun dan siapapun mahkluk Allah selama yang kita lakukan adalah benar dan jangan pernah takut selama Allah ridho. Setelah itu kita bisa lihat betapa indah nya diri kita, yaitu seorang pribadi yang tangguh, yang penuh percaya diri, namun tunduk kepada Allah dalam iman.

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE