Cari Tahu Apa Sajakah Hikmah dari Berkurban | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Cari Tahu Apa Sajakah Hikmah dari Berkurban

356 kali dilihat

Tidak ada yang sia- sia dari segala perintah Allah yang diwajibkan kepada kita para hambanya. Begitupula dengan perintah berqurban yang didasari oleh sebuah kisah seorang ayah dan anaknya yang sholeh, Ibrahim dan putra beliau Ismail alaihi sallam. Segala yang diperintahkan Allah adalah penuh hikmah dan pelajaran berharga bagi kehidupan kita.

  1. Ibadah Qurban Adalah Bukti Kepatuhan dan Ketaaan kita kepada Allah

Iman itu tidak hanya sekedar ucapan, melainkan juga perbuatan. Kita yang mengaku beriman dan patuh pada perintah Allah, serta mau dengan ikhlas menjalankan apa yang Dia perintahkan, memiliki konsekuensi dalam pembuktian hal tersebut. Dan dengan melakukan ibadah Qurban, adalah salah satu dari pelaksanaan keimanan dan kepatuhan kita tersebut, yang dengannya kelak kita akan digembirakan dengan ampunan dan pahala dari Allah Subhanahu Wata’ala. Hal ini seperti telah Allah Subhanahu Wata’ala firmankan di dalam Alquran, (yang artinya),Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS: Al Hajj : 34).

  1. Ibadah Qurban Akan Menjadi Saksi Amal Kita di Hadapan dari Allah

Pada hari penghisaban amal kita nanti hewan yang kita qurbankan juga akan turut menjadi saksi. Rasulullah SAW telah bersabda, (yang artinya), “Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dgn tanduk-tanduknya, kuku-kukunya & bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu majah).

  1. Ibadah Qurban Menghidupkan Ajaran Nabi Ibrahim AS

Dengan berkurban kita juga menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim ‘alaihis salam yang ketika itu Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Ismail ‘alaihis salaam ketika hari an nahr (Idul Adha).

Berkata kepada kami Muhammad bin Khalaf Al ‘Asqalani, berkata kepada kami Adam bin Abi Iyas, berkata kepada kami Sullam bin Miskin, berkata kepada kami ‘Aidzullah, dari Abu Daud, dari Zaid bin Arqam, dia berkata: berkata para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam “Wahai Rasulullah, hewan qurban apa ini?” Beliau bersabda: “Ini adalah sunah bapak kalian, Ibrahim.” Mereka berkata "Lalu pada hewan tersebut, kami dapat apa wahai Rasulullah?” Beliau bersabda “Pada setiap bulu ada satu kebaikan.” Mereka berkata: “Bagaimana dengan shuf (bulu domba)?” Beliau bersabda “Pada setiap bulu shuf ada satu kebaikan. (HR. Riwayat Ibnu Majah).

  1. Dengan BerQurban kita membantu sesama

Ibadah qurban juga memiliki sisi positif lainnya. Salah satunya adalah untuk memupuk rasa solidaritas kita kepada seluruh umat. Jika mungkin bagi si fakir dan miskin, makan daging adalah suatu yang sangat jarang, maka di hari raya Idul Adha, merekapun dapat merasa senang karena mereka semua akan merasakan nikmatnya memakan daging qurban.



RELATED ARTICLE