Cieee Yang DO! | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Cieee Yang DO!

376 kali dilihat

Kita nih nggak lagi becandain mereka yang DO alias drop out gara-gara durasi sekolah atau kuliahnya udah overload dari ketentuan. Secara mereka kan udah susah kan ya? masak sih kita becandain. Cieee... yang DO! Hee...

Apapun alasannya, emang kamu udah gagal kawan. Sekolah atau kuliah yang di amanahkan ternyata nggak selesai, dan malah akhirnya kamupun sampai dicabut status siswa atau mahasiswa kamu karena jangka waktunya udah terlalu berlebihan. Menyesal? Tentu, kamu kudu menyesal terutama buat kamu yang menghabiskan waktu dulu nggak dengan serius belajar. Tapi ya sudahlah, toh waktu nggak akan mungkin di panggil balik kan? Paling nggak satu pelajaran berharga udah kamu dapatkan kalau “waktu itu sangat berharga”.

Setelah itu, bersiaplah buat nata hati dan diri lagi buat bangkit. Dan sebelum itu, jangan lupa senyum dulu dong, ah! Menyesal itu harus, tapi hidup juga kudu lanjut!. Jadi kita kudu juga tetap bisa bahagia.

Next, cari kesempatan selanjutnya buat kamu sukses, dan jangan ulangi kesalahan yang dulu lagi. Salah satunya adalah belajar sukses dari mereka dulu yang juga DO. Walaupun Do-nya bukan gara-gara kelamaan kuliah melainkan hal yang lain. Tapi apapun itu, kesuksesan mereka bisa kita jadikan contoh agar nggak menyerah, walaupun udah pernah mengalami kegagalan.

Adalah Larry Ellison, salah satu pendiri sekaligus CEO dari perusahaan perangkat lunak database, Oracle Corporation. Ellison yang terlahir dari sebuah keluarga miskin, harus tinggal bersama bibi dan pamannya sedari dia kecil. Diapun harus merasakan drop-out atau DO dari universitas karena tidak mampu membiaya sekolahnya. Tapi hal itu kemudian membuatnya bangkit. Diapun lalu pindah ke California untuk bekerja serabutan selama delapan tahun. Lalu di tahun 1977, ia mendirikan perusahan pengembang software, Oracle. Dan sekarang perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan IT terbesar di dunia. Begitupun dengan kekayaan Ellison yang tercatat mencapai USD 41 miliar (Rp 500 triliun ) per September 2013.

Ellison adalah salah satu contoh kecil dimana drop out sekolah nggak lalu membuatnya selesai sampai disana. Padahal mereka sebenarnya dia punya alasan kuat buat “berhenti”, karena kemiskinan contohnya. Tapi semua itu dia jadikan cambuk agar bisa bergerak lebih maju lagi.

Apalagi kita, yang harus drop out karena kesalahan kita sendiri yang menyia-nyiakan kesempatan waktu kuliah atau sekolah. Tapi sekali lagi sudahlah, semua sudah terjadi. Sebagai tebusannya, kitapun harus berbuat yang lebih agar hidup kita selanjutnya nggak sia-sia aja. Selain itu, sejarah nggak akan berulang dua kali dimana kita justru membuat kegagalan yang sama untuk hidup kita.

Jadi ayo bangkit, dan jangan pernah putus asa. Karena Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya), "Jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir" (QS. Yusuf: 87). Buktikan kalau kamu bisa nata diri lebih baik lagi setelah kejadian DO ini, karena kamu udah belajar banyak dari kesalahan yang kamu lakukan dulu. Setuju?

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE