Cintailah Dunia Ini Sekedarnya Saja | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Cintailah Dunia Ini Sekedarnya Saja

276 kali dilihat

Cinta itu kekuataannya hebat banget. Dia menguatkan kita untuk berbuat sesuatu, yang bahkan sebelumnya kita sama sekali nggak kepikiran untuk mampu melakukannya. Walau betapapun kita susah karenanya, tapi kita tetap rela-rela saja melakukannya karena hadirnya si cinta. Cinta juga membuat fokus kita tertuju hanya pada seseorang atau sesuatu yang kita cintai saja.

Karena itu nggak heran bila kita menemui orang yang lain jatuh cinta lalu sibuk menyebut nama yang dicintainya lagi dan lagi. Di setiap langkahnya, dan harinya nama itu akan terus melekat di pikiran dan hatinya. Hanya satu nama itu yang begitu dia fokuskan. Karena orang tersebut juga berhara bahwa yang dicintainya akan membalas cinta itu kembali. Sehingga akhirnya dia bisa begitu bahagia.

Bahagianya dalam sebuah cinta itu mengalahkan kebahagiaan dalam hal apa saja. Begitupun kesedihannya. Yaitu ketika kita kecewa dengan cinta yang kita harapkan timbal baliknya dari orang lain. Sakitnya kadang sampai kebawa ke hari-hari kita dan bahkan jangka panjangnya adalah membawa efek buruk buat kehidupan kita. Contoh nyata, berapa banyak orang di luaran sana yang sudah berhasil gila gara-gara cinta, kawan? Banyak!.

Hal itu karena mereka berharap terlalu tinggi atas cinta yang mereka tanamkan pada seseorang atau sesuatu yang mereka cintai. Sayangnya, ternyata kenyataan nggak selalu akan seindah yang mereka kira. Dan mereka nggak siap menerima itu. Mereka nggak siap kalau orang yang mereka cintai mengecewakan mereka dan atau ternyata nggak balas mencintai merekapun. Merekapun akhirnya merasa “hancur” dan kecewa dengan acara yang bernama “cinta bertepuk sebelah tangan” itu.

Episode selanjutnya, Jadi panjanglah urusannya, jadi ribet hari-harinya, dan jadi beratlah hidupnya...

Karena itu kawan, jangan terlalu gegabah dalam menempatkan cinta yang kita punya. Cintailah seseorang atau sesuatu di dunia ini sekedarnya saja. Secara, memang nggak ada istilah sempurna selama judulnya kita masih hidup di dunia. Semua yang terlihat indah, pasti tetap saja akan ada kurangnya. Dan kalau kita nggak siap menerima kekurangan itu, dan malah sibuk bermimpi bahwa semua adalah kudu sempurna, maka yang ada kita bakal bisa gila sendiri, kawan. Hee...

Dan hal apapun di dunia ini juga dengan mudah bisa berubah. Termasuk cinta yang bisa menjadi benci dan sebaliknya. Jangan buru-buru bilang nggak mungkin, karena bahkan kita sendiri nggak tahu apa yang akan terjadi di beberapa detik ke depan hidup kita. Ya nggak?

Maka benarlah apa yang dikatakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, (yang artinya),

“Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu disuatu hari nanti dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu pada suatu hari nanti dia akan menjadi kecintaanmu” (Hr.Tirmidzi)

Jadi kalau kita mau bahagia, tempatkanlah Dia yang Maha sempurna sebagai satu-satunya cinta tertinggi kita. Karena Allah adalah yang Maha Sempurna, yang PASTI nggak akan mungkin mengecewakan kita karena Dia adalah Yang Maha Penyayang. Dan cintailah dunia dan isinya dengan sekedarnya saja, biar kita nggak gampang kecewa dan atau gampang linglung karena ternyata keinginan, harapan dan mimpi kita atas yang kita cintai nggak kesampaian. Setuju?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE