Derita Cewek Pemalas | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Derita Cewek Pemalas

196 kali dilihat

Sebaik apapun hidup yang diberikan Allah pada seseorang di dunia ini, tapi kalau orang itu adalah pemalas, maka bakal ada kerusakan, kerepotan dan PR dimana-mana. Secara, yang namanya pemalas ya mereka yang nggak akan mau mengarahkan diri mereka buat ke arah positif, tapi anehnya mimpi yang dibuatnya adalah yang besar dan kesukaannya adalah pada hal-hal yang baik dan positif.

Contoh, mereka diberi kesempatan buat bekerja dengan keluasan waktu. Tapi dasar pemalas, kerja apapun juga nggak akan pernah beres. Tapi anehnya dia berharap jabatan yang tinggi, jenjang karir yang bagus dan gaji yang gede. Padahal mimpinya aja tuh yang terlalu gede.

Gitu deh, jadi malas kalau udah berhubungan dengan pemalas. Hidup kita juga serasa ikut nggak ada semangatnya. Karena mereka menularkan penyakit “nggak ada greget buat diajak maju”. Mereka nggak sadar kalau di luar sana banyak banget orang yang bisa berharap di posisi mereka. Tapi sebanyak apapun kesempatan yang diberikan juga nggak akan memberikan efek pada seorang pemalas, kecuali sikap yang selalu mereka lakukan, yaitu menyia-nyiakan kesempatan itu.

Tapi, seperti sebuah pesta yang bakal pasti selesai, kesenangan hidup seorang pemalas juga bakal ada titik jenuhnya. Karena di dunia ini memang nggak ada jatah buat menampung segala kemalasan mereka. Mereka akan banyak menemui konflik, penderitaan dan penghinaan dan lain-lain karena sikap mereka itu.

Kalau sudah begini, mereka nggak punya pilihan lain kecuali menyalahkan diri mereka sendiri. Secara, manusiawinya manusia butuh pekerjaan yang beres, tempat hidup yang bersih, hidup yang juga nyaman, dan lain sebagainya. Dan saat sipemalas itu datang, itu seperti jadi duri dalam daging. Ganggu banget, kawan!

Jadi mending kita koreksi bareng-bareng yuk, apakah ada dari kita yang punya sifat pemalas ini. kalau iya, memang kudu belajar buat buru-buru di delete sih. Karena seperti tadi kita bilang, bahwa di dunia ini nggak ada tempat yang enak buat si pemalas. Dimana-mana juga bakal di protes, dimana-mana juga bakal di tegur, dimana juga bakal nggak di sukai.

Ya Allah, hidup sekali kaya’ gitu amat sih kita memperlakukan diri sendiri. Kenapa nggak tampil yang indah dan bisa dibanggakan? Bukankah hidup itu anugerah banget? Kalau memang iya harusnya memang kita sangat pantas buat bersyukur, dan lalu mengisinya dengan hal-hal yang indah. Bukan malah sibuk dicaci maki orang terus karena sifat malas kita.

Maka nggak heran bila Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam saja sampai berdoa kepada Allah agar terhindar dari rasa malas ini, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ketidakberdayaan, malas, pengecut dan pikun” (HR. Muslim no. 2706)

Kawan, penyakit hati yang satu ini nggak bisa kita anggap enteng. Kita harus bisa sekuat tenaga melawannya, jika dia menghinggapi diri kita. Karena Al Quran saja menyebutkan sifat ini dua kali sebagai sifat yang melekat pada kaum munafik. Bila kita biarkan dia ada dalam diri kita, seiring dengan perjalanan waktu, maka dia akan mengakar pada jiwa kita. Dan lalu jadilah kita seorang yang memandulkan potensi diri kita sendiri dan kehilangan kesempatan baik kita untuk mendapat kebaikan dunia dan akhirat.

Semoga kita dilindungi oleh Allah dari rasa malas yang berkembang biak di diri kita ini. Aamiin

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE