Doa Agar Mendapat Kebaikan Di Dunia dan Di Akherat | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Doa Agar Mendapat Kebaikan Di Dunia dan Di Akherat

503 kali dilihat

Kita semua pastilah ingin mendapatkan kebaikan di dunia dan di akherat. Dan salah satu caranya adalah dengan memperbanyak berdoa kepada Allah. Karena Dialah satu- satunya Zat yang maha Perkasa dalam segala urusan hamba- hambanya. Karena itu, marilah kita mencontoh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam, sebagai teladan kita yang terbaik, dalam memohon kebaikan dunia dan akherat ini lewat sebuah doa yang sering beliau panjatkan.

 

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil-akhirati hasanah,wa qina 'adzabannar”.

Artimya : “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka.” (QS. al-Baqarah : 201).

 

Dari Anas Radhiyallahu anhu , ia berkata: “Doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan ialah: “Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (Hr. Al-Bukhari dan Muslim).

 

Hijabers, doa ini sangat luar biasa. Kandungannya mencakup semua kebaikan yang diinginkan semua manusia. Kebaikan di dunia itu meliputi setiap yang diinginkan kita dari masalah dunia berupa kesehatan, tempat tinggal yang luas, rizki yang banyak dan halal, istri shalihah, anak shalih, ilmu bermanfaat, kendaraan yang nyaman, nama baik dan lain sebagainya.

 

Sedang kebaikan di akhirat, Ibnu Katsir rahimahullah mengartikan “Kebaikan di akhirat yang tertinggi ialah berhasil masuk surga dan menikmati kondisi-kondisi yang menyertainya, seperti perasaan aman dari ketakutan yang paling dahsyat, di dimudahkan proses hisab (perhitungan amalan), dan lain-lain yang merupakan kejadian-kejadian yang menyenangkan di akhirat kelak”.

 

Di riwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari jalan Abu Nu'aim, Abdussalam bin Syadad –yakni Abu Thaluth- berkata, aku pernah bersama Anas, lalu Tsabit berkata kepadanya,

Sesungguhnya saudara-saudaramu meminta agar engkau mendoakan mereka. Lalu Anas berdoa,

 

"Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka." Merasa kurang, mereka meminta agar didoakan lagi ketika mereka akan beranjak pergi, lalu Anas berkata, "jika Allah sudah memberikan untuk kalian kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta memelihara kalian dari siksa nereka, berarti Dia telah memberikan untuk kalian seluruh kebaikan."

 

Ya, jika Allah Ta’ala telah memberikan kepada kita kebaikan di dunia dan di akherat, maka betapa beruntungnya kita karena berarti Allah telah memberikan seluruh kebaikan kepada kita.

Karena itu Hijabers, mari kita banyak- banyak mengisi hari- hari kita dengan kebaikan dan lantunan doa serta dzikir dalam keseharian kita. Agar hati senantiasa bisa bersabar, jiwa kita tenang, dan akhirnya jasad kitapun menjadi lebih sehat. InshaAllah dengannya kita bisa meraih kebahagiaan dunia dan akherat.

 

Qasim bin Abdurrahman berkata, "Siapa yang diberi kalbu yang selalu bersyukur, lisan yang selalu berdzikir, dan jasad yang sabar dan tangguh, maka dia telah diberi kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta di pelihara dari siksa neraka."

 



RELATED ARTICLE