Doa Ketika Bepergian | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Doa Ketika Bepergian

358 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Bagi seorang muslim, setiap waktu adalah saat yang tepat untuk mendekat kepada Allah ta’ala. Banyak cara dilakukan untuk merealisasikan semua itu. Salah satunya adalah dengan memperbanyak ibadah dan berdoa. Dimanapun dan kapanpun nama Allah selalu disebut, diingat dan diagungkan. Walaupun sedang bermukim, bepergian, ataupun ketika telah sampai di tempat tujuan.

Dan kali ini kita akan sama- sama belajar tentang doa ketika bepergian. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam, bahwa bacaan doa tersebut adalah sebagai berikut.

Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna  lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun (QS. Az Zukhruf: 13-14) Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.” (Hr. Muslim)

Artinya : “Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga”

Hijabers, jangan pernah menyia- nyiakan kesempatan untuk berdoa ketika kita sedang bepergian. Karena saat itulah, doa kita sangat didengar Allah Ta’ala.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda, (yang artinya), Tiga waktu diijabahi (dikabulkan) do’a yang tidak diragukan lagi yaitu: (1) do’a orang yang terzholimi, (2) do’a seorang musafir, (3) do’a orang tua pada anaknya.(HR. Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Majah)

Semoga Allah selalu memberkahi waktu dalam kehidupan kita, dimanapun kita berada karena lisan dan hati kita yang selalu berusaha untuk mengingatNya lewat doa. Dan Allah selalu melindungi setiap perjalanan kita, hingga kita tiba ditempat tujuan, dan kembali kerumah kita lagi. Aamiin.  



RELATED ARTICLE