Hal-Hal Yang Menghambat Kesuksesan kita | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Hal-Hal Yang Menghambat Kesuksesan kita

185 kali dilihat

Siapapun orang di dunia ini, pasti pengen mendapat kesuksesan dalam hidupnya. Tapi tak jarang mereka malah melakukan hal yang sebaliknya dari harapannya tersebut. Karena itu, yuk kita ketahui bareng- bareng tentang apa aja sih hal yang bisa menunda atau malah menghambat kesuksesan kita itu. Biar pas nanti kita sengaja atau nggak ngelakuinnya kitapun langsung ingat buat menhindari hal- hal tersebut.

 

  1. Menunda kerjaan

Ada loh tipe orang yang suka bilang “ah, kerjain besok aja deh”. Dan akhirnya, pekerjaan yang harusnya selesai hari itu juga, malah ketunda nggak tahu sampai kapan. Alasannya bukan karena ada hal yang lebih penting buat dilakukan, karena sakit atau penghalang penting lainnya. Tapi karena malas aja, atau iseng aja pengen nunda, dan atau malah karena pengen melakukan hal- hal yang sebenarnya kurang perlu buat dilakukan. Hasilnya, kesuksesan memang berlaku buat orang semacam ini, tapi cuma dalam mimpi dan khayalannya doang. Gimana nggak, Allah Ta’ala aja udah berfirman ke kita di dalam AlQuran, (yang artinya), “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (QS 13 :11)

 

  1. Nggak fokus

Kerjaan yang satu belum selesai, eh dia udah move on ke kerjaan yang berikutnya. Giliran kerjaan berikutnya baru separuh dilakukan, dia udah loncat lagi ke yang selanjutnya. Pikirannya seakan pengen semua bisa direngkuh dan diatasi, tapi yang ada malah semua jadi setengah matang, alias nggak matang matang banget lah. Akhirnya fokus dia jadi kebagi kiri kanan. Di akhir cerita, jadilah semua kerjaan malah nggak kelar.

 

  1. Nggak terkonsep

Adakalanya orang bilang “udah jalanin aja dulu, nanti juga nemu arahnya sendiri”. Mungkin untuk beberapa hal, kalimat itu berlaku. Tapi nggak semua juga bisa diterapkan seperti itu. Karena untuk sebuah kerjaan yang besar, juga butuh persiapan yang besar pula. Butuh konsep yang yang matang dan perencanaan yang kuat. Karena ibarat kita berangkat perang, harusnya memang kudu nyiapin banget- banget alat perang kita. Kalau nggak, sama aja setor nyawa alias mati konyol aja. Karena itu, jika kita pengen dapat kesuksesan yang besar, belajar sabar buat mengkonsep secara matang di awal rencana kita adalah hal harusnya kita coba buat lakukan.

 

  1. Moody

Untuk sebuah kesuksesan yang besar, butuh stok kedewasaan yang banyak pula. Karena orang yang dewasa ngerti caranya mengendalikan diri alias mengkontrol dirinya sendiri dalam berbagai keadaan yang berbeda. Selain itu dia juga cukup mengenali kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya, sehingga semua itu nggak justru berbalik menjadi bumerang buat dirinya sendiri. Emosinya pun stabil, dia bisa beradaptasi dengan baik, dan ngerti resiko apa yang akan terjadi dari tindakannya. Beda dengan mereka yang masih kekanak- kanakan, yang gampang mengeluh dan gampang naik turun emosinya hanya gara- gara persoalan sepele. Selain orang yang diajak kerjasama akhirnya jadi malas aja dekat-dekat dengannya, kerjaan dia pun rawan buat terbengkalai karena masalah emosinya tersebut. Nah lho, akhirnya jadi tambah ribet kan urusan.

 

  1. Nggak semangat dan gampang nyerah

Buat yang satu ini, nggak usah diragukan keakuratannya dalam menghambat kesuksesan kita. Karena semangat itu adalah salah satu hal yang membuat kita tetap hidup. Tanpa semangat dan harapan, orang seakan hidup tapi jiwanya mati. Kalau jiwanya sudah mati, gimana orang itu bakal bisa meraih sukses, coba?. Hal ini beda dengan mereka yang punya jiwa yang kuat dan nggak gampang nyerah walau apapun hambatan hidupnya. Diapun bangkit lagi dan lagi. Gitu terus aja nggak ada capeknya. Sampai-sampai kalau si hambatan itu bisa ngomong, dia bakal bosan sendiri berurusan sama itu orang. Habis nggak ada matinya juga itu semangat. Di akhir cerita, orang tipe ini memang gampang buat dapat yang namanya sukses. Karena besarnya semangat dan sikapnya yang nggak gampang nyerah itu.

 

Nah, itu tadi kawan sedikit ulasan tentang sifat dan sikap kita yang bisa menghambat kesuksesan kita di masa depan. Semoga kita bisa belajar menghindarinya mumpung kita masih muda. Biar nanti pas kita udah tua, kitapun bisa memetik hasil dari kesuksesan kita kita itu. InshaAllah hidup lebih nyaman, santai, dan lebih damai sentosa. Asik kan?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE