Hati-Hati Memilih Teman Curhat | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Hati-Hati Memilih Teman Curhat

448 kali dilihat

Wajar banget kalau sebagai manusia kita butuh yang namanya teman buat berbagi cerita tentang beban atau masalah kita. Secara gelas yang terus-menerus diisi air aja bakal penuh dan luber kok, apalagi kepala kita. Dengan curhat bisa membuat kita lebih lega dan mungkin bisa menemukan sebuah solusi untuk masalah kita.

Tapi tahukah kawan, kalau ternyata kita juga kudu hati-hati dan memperhatikan dengan siapa kita bercurhat-curhat ria itu. Nggak bisa sembarang orang loh bisa kita pilih buat mendengarkan curhat kita. Kenapa? Karena eh karena kalau kita sampai salah orang, bisa-bisa bukan jalan keluar yang kita dapat, tapi masalah baru akan datang bermunculan. Contoh, kita mempercayai seseorang walaupun kita tahu orang tersebut karakternya kurang bisa dipercaya. Alhasil sebuah masalah, aib ataupun rahasia yang udah kita bagi dengannya pun akhirnya malah jadi rahasia umum alias semua orang jadi ikut tahu karena orang itu udah bercerita kemana-mana. Kitapun jadi keberatan atau marah kepadanya. Dan hubungan pertemanan yang dulunya baik, jadilah memburuk dan berganti dengan permusuhan.

Contoh lain, adalah saat kita malah memilih bercurhat ria dengan lawan jenis atau seorang cowok. Awalnya mungkin cuma sekedar sesi curhat biasa, tapi lama kelamaan kalau rasa nyaman itu timbul, maka terbentuklah ikatan emosional satu sama lain. Dan selanjutnya jadi lain cerita deh. Acara curhatpun jadi ajang ketemu, PDKT dan lalu pacaran. Sedangkan masalah awal yang diharapkan ada solusinya tadi, malah jadi nggak keurus. Wah... wah... wah...

Jadi kenali baik –baik siapa yang kita ajak curhat, kawan. Jangan asal pilih, dan jangan asal comot. Pastikan rahasia kita aman di dia, atau syukur-syukur kita bisa menemukan jalan keluar dari semua masalah itu.

Tapi kalau ternyata kita nggak menemukan juga orang seperti itu, dan atau kita ragu untuk bercerita kepada teman kita, maka memang paling pas adalah kita curhat saja sama Allah tentang semua beban kita. Kalau yang ini sih, dijamin pasti aman terkendali deh. Rahasia kita aman,  kita jadi lega dan sesuai dengan janjiNya, Allah juga akan memberi jalan keluar atas setiap masalah kita. Asyik kan?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE