Hormati Yang Tua, Kitapun Nanti Di Hormati Saat Tua | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Hormati Yang Tua, Kitapun Nanti Di Hormati Saat Tua

219 kali dilihat

Menghormati, adalah sikap yang indah banget buat dilakukan. Orang yang ada di sekitar kita akhirnya pun betah berdekatan dengan diri kita. Dan mereka juga akan balik menghormati diri kita, dikarenakan sikap kita yang menghormati mereka juga.  Sederhananya, dengan menghormati orang lain diri kitapun jadi terhormat karenanya.

Sayangnya, ada dari kita yang masih nggak mau melakukan atau justru segan melakukan penghormatan kepada kepada orang lain. Hal ini karena bukan kita nggak berbakat untuk melakukannya, tapi karena memang kita sendiri yang senang memelihara akhlak kurang baik tersebut.  

Padahal Rasul teladan kita yang mulia telah berpesan kepada kita, (yang artinya), “Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak menyayangi yang muda dan tidak menghormati orang yang lebih tua.” (HR. at-Tirmidzi).

Kawan, kadang orang lain justru tidak memerlukan bantuan kita, melainkan hanya sekedar penghormatan dari kita. Apalagi bagi mereka yang telah memasuki usia tua. Mereka di usia ini biasanya jadi lebih peka, dari pada kebanyakan kita yang masih muda ini. Maka bahagiakan mereka dengan kesabaran dan penghormatan dari kita. Agar mereka dapat menikmati masa tua yang indah sebelum akhirnya mereka nanti meninggal dunia.

Jika kita tidak mampu melakukannya dengan alasan ini dan itu, maka lakukan hal tersebut untuk diri kita sendiri. Bukankah kita nanti dimasa tua juga ingin diperlakukan dengan baik dan penuh penghormatan juga, kan?

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika seorang pemuda menghormati seorang renta karena usianya, maka Allah akan memerintahkan seseorang untuk menghormatinya saat ia beranjak tua.” (Hr. at-Tirmidzi)

Sekali lagi, akan ada masanya dimana kita nggak lagi muda, menua, dan nggak produktif lagi seperti hari ini, kawan. Dan ketika waktu itu tiba, kitapun berharap sekali bahwa anak-anak kita, dan orang-orang disekitar kita juga akhirnya menghormati dan bersikap baik kepada kita. Allah itu Maha Adil, kawan. Jika kita merutinkan sikap kita ini selagi kita muda sekarang, InshaAllah penghormatan itu juga akan kita dapati saat kita telah tua nanti. Jadi sekarang mari belajar menghormati orang yang lebih tua dari kita.

 

(NayMa)  



RELATED ARTICLE