Hukum Memakai Kutek bagi Umat Muslim | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Hukum Memakai Kutek bagi Umat Muslim

495 kali dilihat

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik. Mereka memang adalah makhluk Allah yang paling hobi dalam menghias dan mempercantik diri. Salah satu cara berhias yang digemari oleh banyak wanita adalah memakai kuteks, atau cat kuku warna-warni. Tak hanya itu, terkadang ada pula yang menambahkan berbagai motif lucu untuk menambah kecantikan kuku–kuku mereka tersebut.

Namun sesungguhnya kutek itu tidak boleh dipergunakan wanita,  ketika ia hendak shalat. Hal ini dikarenakan kutek tersebut akan menghalangi mengalirnya air pada bagian tubuh yang harus kita sucikan ketika kita berwudhu.  Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman (yang artinya), “Maka basuhlah mukamu dan tanganmu.” (Al-Maidah : 6). Jika kutek masih menempel di di kuku kita dan menghalangi mengalirnya air wudhu tersebut, artinya kita telah meninggalkan satu kewajiban di antara beberapa yang wajib dalam berwudhu atau mandi.

Tetapi ketika kita sedang berhalangan (haidh), maka diperbolehkan bagi kita untuk menggunakan kutek tersebut. Tapi satu hal yang harus kita ingat, bahwa kebiasaan menggunakan kuteks adalah hal yang lebih biasa dilakukan oleh wanita-wanita kafir. Dan kita sebagai muslimah, dilarang untuk menyerupai mereka.

Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan abu daud).

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata,Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani? Beliau menjawab,Lantas siapa lagi? (HR. Muslim).

Hijabers, tentunya kita sebagai muslimah memiliki cara tersendiri untuk menjadi cantik. Kita bisa tetap anggun tanpa harus mencontoh orang lain, dan atau malah menjadikan diri kita seperti mereka. Dan kita sebagai muslimah tentunya tahu, bahwa ketaataan kita kepada Allah adalah diatas segalanya, bahkan jauh diatas keinginan untuk sekedar tampil lebih cantik. Bukan begitu, bukan?



RELATED ARTICLE