Ingin Hidup Mulia, Jaga Salat Lima Waktu Kita | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Ingin Hidup Mulia, Jaga Salat Lima Waktu Kita

546 kali dilihat

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan “Setiap orang yang meremehkan perkara salat, berarti telah meremehkan agama. Seseorang memiliki bagian dalam Islam sebanding dengan penjagaannya terhadap salat lima waktu. Seseorang yang dikatakan semangat dalam Islam adalah orang yang betul-betul memperhatikan salat lima waktu. Kenalilah dirimu, wahai hamba Allah. Waspadalah! Janganlah engkau menemui Allah, sedangkan engkau tidak memiliki bagian dalam Islam. Kadar Islam dalam hatimu, sesuai dengan kadar salat dalam hatimu."

Jika kita mengaku mencintai Allah maka kita akan menjaga salat kita. Jika kita memang mengutamakan kampung akherat kita akan memelihara salat kita. Jika kita ingin condong pada perbaikan diri dan iman kita, maka kita akan merutinkan salat kita. Karena salat adalah seperti kebutuhan pokok bagi jiwa kita. Sifatnya wajib dan tidak boleh diwakilkan dengan siapapun. Salat pula yang akan menjadi amalan yang pertama kali dihisab dihadapan Allah nanti. 

Hijabers, iman bukanlah hanya membenarkan dengan dengan ucapan, namun adalah praktek nyata dari tindakan kita. Kalau iman hanyalah sekedar membenarkan saja, pastilah iblis, Fir’aun dan kaumnya, kaum shaleh, dan orang Yahudi yang membenarkan kalau Muhammad adalah utusan Allah juga akan disebut orang yang beriman. Karena itu, jangan sampai kita terhenti di titik “yang penting aku percaya, tidak ada tuhan selain Allah” tapi tidak ada realisasi ketaatan kepadaNya, utamanya tentang pelaksanaan salat wajib kita.  

Jangan sampai hidup kita yang sekali-kalinya ini, menjadi sia-sia, dan kita termasuk yang sulit mendapat keberkahan dari Allah karena meremehkan kewajiban salat.

Selain itu, bukankah kita selalu menginginkan kemuliaan dan kebaikan dalam hidup kita? Dan kedua hal tersebut hanya dimiliki oleh orang-orang yang taat kepada Allah, salah satunya adalah selalu berhati-hati dalam menjaga salatnya, khusuk, serta hanya karena mengharap ridho Allah.

Bagi Allah yang maha kuasa, maha pemurah dan maha penyayang, mengangkat derajat hambanya yang taat kepadanya adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan.  Allah tidak pernah menyia-nyiakan ketaatan hambanya tersebut, dan akan membiarkan mereka hidup penuh kesengsaraan. Allah akan memuliakan mereka, membahagiakan mereka, serta menentramkan batin mereka tidak hanya di dunia, namun juga di akhirat kelak. Dan bukankah kita juga memiliki cita-cita yang sama seperti itu, Hijabers? Karena itu jangan pernah meremehkan kewajiban kita, utamanya kewajiban dalam melaksanakan salat lima waktu.



RELATED ARTICLE