Inilah cara Mudah Agar Allah Nggak Membuka Aib Kita | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Inilah cara Mudah Agar Allah Nggak Membuka Aib Kita

260 kali dilihat

Semua manusia pasti punya kesalahan dan aib. Dan normalnya,  semua manusia pasti akan berusaha menutupinya semaksimal mungkin agar nggak ada orang lain yang mengetahuinya. Alasan terbesar adalah rasa malu yang sangat besar, bila kekurangan itu sampai diketahui orang lain, apalagi jika mereka lalu menggunjing dan atau membahasnya.

Lalu bagaimanakah agar kita terhindar dari rasa malu dan aib kita itu tetap “aman” tersimpan bahkan sampai kita di akhirat nanti?  Rasulullah bersabda, "Tidaklah Allah menutup aib seorang hamba di dunia, melainkan nanti di hari kiamat Allah juga akan menutup aibnya".

Ya, dengan menutup aib orang lain, maka Allah akan menutup aib kita, baik di dunia maupun akhirat. Sebaliknya bila kita sibuk buat menjadikan kekurangan orang lain sebagai bahasan, apalagi menjadikannya “kurikulum wajib” dalam setiap pertemuan dan acara dimana banyak orang akan mendengar dan lalu membahasnya, maka Allahpun juga akan membuka aib serta kekurangan kita di akhirat nanti.

Kawan, kadang kalau dipikir-pikir sebenarnya sangat percuma apabila kita membahas kekurangan orang lain. Bahkan tanpa kita sadari hal ini membuat kita sibuk dan lalu mengalihkan fokus kita buat memperhatikan kekurangan kita sendiri. Lebih baiknya memang kita ingat tentang bagaimana nasehat Umar bin Khatab bahwa “Hisablah dirimu sebelum dihisab dan timbanglah sebelum ditimbang, bila itu lebih mudah bagi kalian di hari hisab kelak untuk menghisab dirimu dihari ini, dan berhiaslah kalian untuk pertemuan akbar, pada saat amalan dipamerkan dan tidak sedikit pun yang dapat tersembunyi dari kalian”

Kawan, diri kita sendiri masih membutuhkan banyak perhatian dan perbaikan lebih dari yang kita sangka. Lebih baik kita belajar buat menghitung aib dan kekurangan kita seperti kita menghitung-hitung kebaikan kita. Malu bila diri kita yang masih seperti ini saja sudah berbangga dengan kebaikan kita. Bahkan para sahabat Nabi saja, masih merasa sangat khawatir dengan adanya kehidupan akhirat nanti.

Salah satunya Umar bin Al Khattab yang ketika beliau membaca surat At Thur dan sampai pada firman Allah yang berbunyi, “Sungguh azab Tuhanmu pasti terjadi” (QS. At Thur: 7)" beliau lalu menangis dan tangisnya semakin menjadi hingga akhirnya beliau jatuh sakit

Menutup aib orang lain akan menyelamatkan diri kita sendiri. Menutup aib orang lain juga akan membuat kita lebih fokus pada perbaikan aib kita sendiri. Maka dari itu mari kita belajar untuk menutuplah aib saudara kita, serapat kita menutup aib diri kita sendiri dari pandangan orang lain.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE