Inilah Sedekah Yang Paling Besar Nilai Pahalanya | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Inilah Sedekah Yang Paling Besar Nilai Pahalanya

171 kali dilihat

Islam adalah agama yang sempurna. Kebaikan di dalamnya tidak akan ada habisnya untuk kita pelajari. Salah satunya adalah tentang anjuran untuk bersedekah. Mungkin ada dari kita yang biasa melakukan sedekah ini. Atau mungkin malah sudah membiasakan diri untuk melakukannya.

Tapi tahukah kita kawan, bahwa diantara begitu banyak acara sedekah, ada satu sedekah yang paling tinggi nilainya di hadapan Allah Ta’ala. Hal ini seperti dijelaskan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah sabda beliau (yang artinya),"Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu'alaihiwasallam dan berkata,: "Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?". Beliau menjawab: "Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si fulan". (HR Bukhari)

Kawan, besar pahala sedekah yang semacam ini adalah karena terletak pada situasi yang sulit bagi kita untuk bersedekah. Karena kita mau bersedekah justru saat nafsu kita mengatakan yang lain, seperti “pelitlah!” dan atau logika kita juga pasti protes “bagaimana bisa aku bersedekah, padahal untuk diriku sendiri saja masih susah dan kurang”. Tapi tahukah kawan bahwa justru disinilah nilai pahala yang besar itu ada. Allah ingin melihat kekuatan kita melawan hawa nafsu kita dan lalu mengikhlaskan diri untuk bersedekah kepada orang lain. Lalu Allah juga ingin melihat seberapa yakin kita akan janji Allah, bahwa "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS. Al-Hadid: Ayat 18)

Tapi janji Allah itu pasti akan terjadi, kawan. Pasti. Karena hanya Allah sajalah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maka jangan pernah ragu tentang kekuasaanNya. Apalagi hanya sekedar menggandakan sedikit harta kita yang telah kita sedekahkan untuk orang lain tersebut. Hal itu tentu sangat gampang sekali bagi Allah. Dengan banyak-banyak bersedekah InshaAllah nggak hanya pahala yang kita peroleh, tapi keridhoan Allah atas diri kita juga akan kita dapatkan. Jadi, Ayo bersedekah!

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE