Inilah Tiga Kunci Sukses dalam Hidup | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Inilah Tiga Kunci Sukses dalam Hidup

545 kali dilihat

Tidak ada satupun keberuntungan di dunia ini yang langsung jatuh dari langit dan menjumpai pemiliknya, kecuali jika Allah menghendakinya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman di dalam Al Quran, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka.” (QS 13:11).

Karena itu, Islam menekankan kepada umatnya untuk selalu berusaha demi mendapatkan apa yang mereka inginkan dan memenuhi segala kebutuhan mereka di dunia. Salah satunya adalah dengan cara bekerja. “Dan katakanlah, bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu.” (Qs. at Taubah: 105).

Bahkan para utusan Allah dahulu juga bekerja dan berusaha memenuhi  kebutuhan dan keinginan mereka. Contohnya Rasulullah Muhammad Saw, yang melakukan langkah konkrit yaitu dengan terjun berbisnis dan menggembala kambing diwaktu beliau kecil.

Sungguh, Allah tidak menyukai hamba- hambanya yang hanya sibuk meminta, namun minim dalam berusaha. Dan tidak hanya sekedar usaha, kita juga dianjurkan untuk berdo’a seraya memohon pertolongan dan petunjuk dari Allah Ta’ala. “Dan apabila hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku. (Qs. al Baqarah: 186).

Hijabers, do’a kita bisa dikabulkan seketika, bisa juga ditunda, bisa sesuai dengan apa yang terlintas saat berdo’a, atau bentuk lain yang lebih bermanfaat bagi kita. “Tidak ada seorang muslim yang berdo’a memohon kepada Allah, yang do’anya tidak mengandung unsur dosa dan pemutusan hubungan persaudaraan, kecuali Allah akan mengabulkan dengan tiga kemungkinan; memberikan apa yang dinginkan, disimpan (pahalanya) hingga di alam akhirat, atau diselamatkan dari bahaya yang mengancam.“ (HR. Bukhori). Begitulah kiranya sabda Rasulullah SAW yang mulia.

Setelah berdoa dan berusaha, kita haruslah tetap mengiringinya dengan kesungguhan dalam bertawakkal kepada Allah yang maha Kuasa dan Maha Memberi. Jangan bergantung dan atau menyandarkan hati kepada usaha kita tersebut, karena yang dapat memberikan manfaat, termasuk mendatangkan rezki, dan menolak bahaya adalah Allah Ta’ala semata, dan bukan karena usaha kita sendiri tersebut. Walau bagaimanapun tekun dan sungguh-sungguh kita dalam melakukan usaha hal itu, tapi jika tanpa izin Allah Ta’ala, semua tidak akan ada hasilnya. Dengan banyak bertawakkal kepada Allah, Inshaallah keberuntungan akan ada di pihak kita. “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan ke luar (bagi semua urusannya). Dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya.” (QS Ath-Thalaaq : 2-3).



RELATED ARTICLE