Islam Hanya Utuh di Arab, Benarkah? | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Islam Hanya Utuh di Arab, Benarkah?

339 kali dilihat

Ada tidak yang pernah dengar kalimat seperti ini “Apapun yang ada di Al-Quran itu dari arab aja. Jangan dibawa kesini. Disini memiliki aturan yang berbeda?” Anehnya, kalimat seperti ini biasanya malah keluar dari mulut orang yang justru mengaku beragama Islam, lho. 

Tapi tidak perlu heran, Hijabers. Memang mendekati akhir zaman, Islam semakin akan tidak dikenal, alias asing bahkan dimata orang yang mengaku diri mereka beragama Islam sendiri. Hal ini bahkan telah di sabdakan oleh Rasulullah SAW di 14 abad yang lalu. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Islam datang dalam keadaan yang asing, akan kembali pula dalam keadaan asing. Sungguh beruntunglah orang yang asing. (Hr. Muslim).

Yang sebenarnya adalah, Allah menurunkan Al-Quran untuk membawa kebaikan dan kedamaian, sekaligus peringatan bagi seluruh alam. Bukan hanya untuk manusia, bahkan jin, dan semua penghuni alam yang kita nggak pernah tahu dengan rinci semuanya. Jadi bukan hanya khusus buat cakupan wilayah Arab saja. Allah berfirman di dalam Al-Quran, (yang artinya) “Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar Dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” (Qs. Al Furqan ayat 1).

Nabi pun diutus Allah untuk menjadi pengingat bagi seluruh umat manusia yang ada di bumi. Dan nggak hanya khusus buat di Arab aja. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman di dalam Al-Quran, (yang artinya), “Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.” (Qs. Saba' : 28).

Ya, banyak dari kita yang memang tidak memahami atau sok-sok untuk mengerti. Mungkin karena kita kurang belajar dan mengkaji ilmu Islam, atau karena sok-sok pakai gaya ngeles agar pendapat kita dibenarkan dan disetujui.

Semoga kita tidak termasuk salah seorang diantaranya. Karena itu Hijabers, jangan pernah berhenti belajar tentang apapun ilmu dalam islam. Walaupun akhirnya kita akan dipandang asing, tapi disanalah justru kedamaian dan ketenangan yang real itu ada. Dan bukankah sebenarnya itulah yang banyak kita cari dari kehidupan ini, Hijabers?



RELATED ARTICLE