Istikharah Dahulu Sebelum Memilih | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Istikharah Dahulu Sebelum Memilih

313 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Indera manusia adalah sangat terbatas. Kita bahkan tidak bisa mengetahui apa yang terjadi dibelakang tembok. Kita hanya bisa mengira, berprasangka, dan menebak – nebak saja. Tidak akan ada kepastian yang seratus persen benar.

 

Hal ini tentu sangat berbeda dengan sifat Allah Ta’ala yang maha mengetahui. Dia tidak hanya mengetahui apa yang nampak, namun juga yang hanya tersirat dalam hati kita. Allah berfirman di dalam Al Quran, (yang artinya), “Dan rahasiakanlah perkataanmu atau nyatakanlah. Sungguh, Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” ( QS Al-Mulk : 13 )

 

Karena itu, apabila kita memiliki sebuah urusan, atau merasa bingung untuk menentukan sesuatu hal, maka hendaknya meminta pertolongan dan petunjuk Allah terlebih dahulu. Karena hanya dialah yang mengerti, hal – hal yang ghoib, termasuk apa- apa yang terbaik untuk masa depan kita.

 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengajari para sahabatnya shalat istikhoroh dalam setiap urusan. Beliau mengajari shalat ini sebagaimana beliau mengajari surat dari Al Qur’an. Kemudian beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu, lalu hendaklah ia berdo’a: “Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih

 

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku beristikhoroh pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak. Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghoib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan tersebut) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku (baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, takdirkanlah yang terbaik bagiku di mana pun itu sehingga aku pun ridho dengannya.”(Hr. Bukhari)

 

Karena itu Hijabers, mari kita selalu biasakan sholat istikharah agar kita selalu mendapatkan pilihan yang terbaik dan tidak terjerumus pada hal hal yang akan merugikan diri kita, karena salahnya pilihan kita. Hanya Allah Maha mengetahui apa yang terbaik untuk kita sedangkan kita tidak mengerti apapun, kecuali hanya yang sangat sedikit saja.

 


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE