Itu Rumah Atau Kuburan? | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Itu Rumah Atau Kuburan?

287 kali dilihat

 

Rumah adalah bagian penting dari hidup kita. Karena disana kita nggak cuma bisa sekedar istirahat, tapi juga melakukan banyak aktivitas pribadi yang nggak bisa kita lakukan di luar. Dan nggak heran bila ada  yang kemudian bilang bahwa mereka butuh kebahagiaan di dalam rumah-rumah mereka. Karena dengan begitu jiwa dan hati mereka bisa istirahat dengan santai setelah seharian beraktivitas.

Dan tahukah kita kawan, kalau yang membahagiakan itu juga pasti adalah yang mendamaikan. Dan kedamaian yang paling damai nggak lain datang dari Allah Ta’ala saja. Tapi lihatlah rumah-rumah kita tersebut. Bukan karena bentuknya yang nggak simetris, isinya yang nggak modern, atau modelnya yang jadul alias jaman dulu poenya, tapi keadaan rumah kita yang “kering” dari bacaan Al Quran. Sehingga dengan itu lalu rumah kita terasa seperti layaknya sebuah kuburan.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (HR. Muslim)

Kawan, apa kabar kita saat lewat sebuah kuburan?. Bisa dipastikan tidak akan ada acara berlama-lama disana, melainkan kita langsung ambil langkah seribu alias buru-buru lari karena kita menganggap bahwa tempat itu adalah menyeramkan.

Tapi apa kabar juga kalau lantas justru rumah kita sendiri yang kondisinya seperti kuburan, kawan? Kita mungkin merasa nyaman di dalam rumah kita, tapi kita tidak sadar bila setan juga merasa nyaman berkumpul di rumah kita karena kita yang rajin NGGAK sholat dan atau membaca ayat-ayat Allah di dalam rumah kita. Dan bukankah kita pun butuh bahagia di rumah. Lalu bagaimana kita bisa bahagia tenang dan damai sentosa kalau yang kita kumpuli justru adalah setan yang selalu membuat konflik, dan itu setiap hari terjadi rumah kita sendiri? Astaghfirullah...

Jadi ayo kita hidupkan rumah-rumah kita dengan cahaya Allah. Agar yang menemani kita di rumah-rumah kita adalah para malaikat yang suci. Agar rumah kita diberkahi dan penuh rahmat dari Allah. Jadi kita nggak hanya akan sekedar merasa bisa istirahat lahir dan batin di dalam rumah kita, tapi iman kita juga bertambah, berawal dari rumah-rumah kita sendiri. Setuju?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE