Jangan Lakukan Ini, Atau Malaikat Nggak Mau Masuk Ke Rumah Kita | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Jangan Lakukan Ini, Atau Malaikat Nggak Mau Masuk Ke Rumah Kita

317 kali dilihat

Punya teman atau sahabat memang sangat menyenangkan. Kita bisa banyak cerita kepadanya, dan tampil di depannya dengan apa adanya kita. Nggak pakai jaim alias jaga image atau pura-pura terlihat sempurna. Hari-hari akan terasa lebih menyenangkan dengan adanya sahabat kita itu.

Dan sahabat nggak selalunya seorang manusia. Bahkan hewanpun juga bisa jadi sahabat kita. Walaupun mereka nggak bisa ngomong, tapi mereka bisa paham dengan bahasa kasih sayang kita. Mereka akan tahu dari bagaimana kita memperlakukan mereka sehari-hari.

Hewan yang biasa kita ajak bersahabat adalah kucing, dan ada pula anjing. Tapi satu catatan kita sebagai muslimah, bahwa kita harus tahu kalau ternyata anjing yang dipelihara di dalam rumah bisa menyebabkan malaikat Rahmat nggak mau masuk rumah kita.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing (2), juga tidak memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar (patung)” (Hadits sahih Imam Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah)

Ummul Mukminin Aisyah juga pernah mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengadakan perjanjian dengan Jibril bahwa Jibril akan datang. Ketika waktu pertemuan itu tiba, ternyata Jibril tidak datang. Sambil melepaskan tongkat yang dipegangnya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Allah tidak mungkin mengingkari janjinya, tetapi mengapa Jibril belum datang?” Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menoleh, ternyata beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur. “Kapan anjing ini masuk ?” tanya beliau. Aku (Aisyah) menyahut : “Entahlah”. Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril. “Mengapa engkau terlambat? tanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Jibril. Jibril menjawab: “Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)” (Hr. Muslim)

Kawan, sebagai seorang muslimah kita harus mendahulukan Allah diatas apapun yg kita sayang. Karena kita hidup adalah untuk beribadah kepada Allah saja. Maka kitapun juga harus patuh kepada aturan yang Allah berikan kepada kita, termasuk tentang pilihan hewan peliharaan seperti tersebut dalam hadist diatas. Yakinlah bahwa Allah adalah yang selalu paling sayang kepada kita. Dan aturan yang diberikan kepada kita adalah pasti untuk kebaikan diri kita. 

 

(NayMa)

 

 



RELATED ARTICLE