Jangan Lupa Bawa Yang Ini Kalau Mau Bepergian | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Jangan Lupa Bawa Yang Ini Kalau Mau Bepergian

349 kali dilihat

Melakukan hal yang baru itu kadang perlu buat mengatasi kejenuhan hari-hari kita. Seperti contohnya yaitu main ke rumah teman, atau saudara, dan atau piknik atau berkunjung ke suatu tempat yang jauh. Tapi ada hal yang kudu kita ingat, yaitu nggak lupa buat bawa barang-barang berikut ini, yang pastinya bakal kamu butuhin banget pas nanti di TKP. Lalu apa aja sih barang bawaan itu? Nih dia,

  1. Mukena dan Sajadah

Shalat adalah hal yang nggak boleh dilupakan apalagi dilewatkan. Karena ibadah ini adalah tiang agama kita, dan amalan yang nantinya bakal pertama kali di hisab di akhirat. Karena itu, jaga-jaga aja kalau pakaianmu ternyata udah kena najis pas diperjalanan, dan atau tempat yang buat sholat kurang layak, maka kamu kudu bawa yang namanya mukena dan sajadah. Jadi perjalanan oke, hati senang, kewajibanpun nggak dilupain. Asyik, kan?

  1. Al Quran

Dimanapun tempatnya, jangan lupa buat tetap berdzikir dan mengingat Allah. Salah satunya adalah dengan rutin mengaji. Dari pada kamu cuma bengong aja alias zonk nggak ada pahala, mending selama diperjalanan bisa lah dibaca beberapa ayat Al Quran. Biar mood kita tetap sejuk, dan koneksi ke Allah juga tetap ada. Selain itu, dengan membaca Al Quran akan banyak kebaikan yang datang ke kita. Diantaranya adalah seperti yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berikut ini, (yang artinya), "Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

  1. HP

Jaman sekarang, hampir semua orang punya HP. Nah, canggihnya HP masa kini udah punya fitur yang bisa buat putar musik, kan?. Tapi dari pada diisi musik, mendingan kita isi deh dengan bacaan Al Quran. Sambil tiduran, taruh earphone ditelinga, wah bisa makin adem deh hati kita. Persis banget sama firman Allah yang ini,“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

  1. Bawa Uang tunai

Kalau mau bepergian otomatis kamu butuh dana. Jadi jangan sampai kamu lupa buat bawa uang tunai, dan nggak cuma sekedar bawa kartu ATM nya aja. Nanti ditengah perjalanan kamu bisa deh tuh sambil sedekah atau berbagi rejeki ke orang-orang yang nggak punya, yang kamu temuin di jalan. Dengan begitu perjalanan kitapun InshaAllah jadi lebih berkah.

  1. Buku

Kalau Hpmu ternyata nggak bisa buat internet, maka jangan sia-siakan waktumu selama perjalanan hanya dengan tidur. Bawa buku bacaan yang bisa nambah ilmu. Jadi sambil nunggu sampai tempat, luangkan waktu buat membacanya. Maka perjalananmu nggak berakhir dengan membosankan.  

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE