Jangan Mimpi Buat Merubah Dunia, Kalau Kita Masih Gini-Gini Aja | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Jangan Mimpi Buat Merubah Dunia, Kalau Kita Masih Gini-Gini Aja

204 kali dilihat

“Jangan mimpi buat bisa mengubah dunia, kalau kita sendiri masih nggak mau melakukan perubahan yang signifikan pada diri kita sendiri”. Kalimat itu benar banget, kawan. Karena gimana bisa kita mimpi melakukan perubahan ke orang lain, lingkungan sekitar kita, apalagi pada dunia, kalau diri kita sendiri saja sebenarnya masih nggak yang sip sip amat. Haduh.. malu dong diketawain tembok!

Ibarat kata, semut di seberang danau kelihatan, eh gajah di ujung mata malah rabun kita melihatnya. Kalau sudah begini, kita malah hanya akan asyik membahas, mengulik dan membenahi yang tersier, sedang yang primer malah kita sia-siakan begitu saja.

Akhirnya lambat laun “permainan” ini justru akan berbalik kepada diri kita sendiri. Orang yang melihat kita paling nggak bakal komen “Ah, sibuk aja memberikan nasehat untuk orang lain, padahal dia sendiri masih banyak butuh nasehat”. Jadilah perbaikan yang kita berikan justru malah memberi efek bumerang yang nggak baik bagi diri kita sendiri.

Maka, sebenarnya menjadi baik dan atau selalu belajar lebih baik itu gampang aja kok. Kita tinggal memperbaiki diri kita banyak-banyak. Sibukkan saja diri kita dengan hal itu. Praktekkan secara nyata apa-apa yang kita niatkan buat perbaikan diri kita. Dan lalu kita belajar istiqomah di titik itu. Lalu orang lain akan melihat dengan sendirinya kok. Selanjutnya, satu dua orang dari orang-orang disekeliling kita akhirnya juga akan mengikuti arus kita, alias meniru kebaikan yang kita lakukan. Mengapa? Karena mereka pastinya juga melihat dong efek baik dari kebaikan yang kita lakukan dalam hidup kita itu. Dan bukankah memang semua orang pasti pengen hidup dalam kebaikan?. langkah kecil yang kita mulai itulah yang bisa disebut perubahan nyata, alias nggak sekedar mimpi aja.

Maka benar banget kalau dikatakan bahwa contoh nyata itu lebih ampuh dan dalam banget efeknya, dari pada seribu kata-kata yang cuma sekedar “nyaring bunyinya” . Seperti teladan kita Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang dengan terus menerus melakukan contoh kebaikan, dan tetap berusaha buat istiqomah di titik itu, sehingga beliau nggak cuma sekedar bisa mengubah kehidupan orang disekitarnya, tapi juga memberikan warna indah pada dunia. Dan hal ini terus berlangsung bahkan beratus ratus tahun lamanya setelah beliau nggak ada di dunia ini.

Maka mulai hari ini, jangan pernah sepelekan langkah kecil perubahan kita dalam hal apapun. Selama hal itu adalah dalam rangka kebaikan, ketaatan kepada Allah, Allah suka dan ridho, tancap gas terus aja nggak usah pakai ragu.

Nanti, perjuangan dan keseriusan kita akhirnya akan teruji dengan waktu.  Dan kalau kita akhirnya bisa istiqomah melakukan kebaikan itu, inshaAllah nggak akan kehidupan kita aja yang akan berubah, tapi orang-orang disekitar kita juga akan berubah mengikuti alur kebaikan yang kita contohkan kepada mereka. Lalu apakah dirimu siap jadi pioner dari banyak kebaikan dan perubahan itu, kawan?  

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE