Jangan Pernah Sombong Dengan Ilmu Kita | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Jangan Pernah Sombong Dengan Ilmu Kita

264 kali dilihat

Ada sebagian dari kita yang kadang merasa kalau dia sudah mengerti tentang suatu hal, maka dia juga merasa pantas untuk tampil menjadi yang terdepan. Tapi sayangnya, dia lalu nggak segan memandang orang lain yang tidak sepandai dirinya, hanya dengan "sebelah mata" saja. Dengan kata lain, sikap sombong mulai menjadi bagian dari dirinya karena ketinggian ilmunya tersebut.

Hal ini tentu sangat disayangkan. Karena betapapun tinggi ilmu tentang hal apapun yang kita miliki, maka kita hanya sekedar dititipi saja oleh Allah. Ilmu kita adalah bagian dari kenikmatan yang diberikan Allah kepada kita, dan lagi, kelak diakhirat semua itu bakal diminta pertanggungjawaban oleh Allah.

Sepandai-pandainya kitapun, maka diluar sana masih banyak yang lebih dan lebih dari kita. Dan Allah adalah Yang Maha Berilmu diatas siapapun yang memiliki ilmu. Jika kita hanya sibuk bersombong ria, maka hal itu sama saja dengan mempermalukan diri kita sendiri. Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya), … dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi yang Maha Mengetahui. (Qs. Yusuf: 76)

Kita yang berilmu jangan merasa sudah yang sangat pantas menjadi yang tertinggi dan tersuci. Karena bukan kita yang pantas menilai diri kita sendiri, melainkan hanya Allah saja lah yang tahu bagaimana kondisi asli dari diri kita ini.

..Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.(Qs. An-Najm:32)

Kesombongan itu hanya milik Allah saja, karena hanya Allah yang Maha Sempurna, sedang kita para hambaNya, hanya akan terus menjadi hamba, tempatnya salah dan lupa. Kesombongan atas ilmu kita justru akan menghilangkan keberkahan dari ilmu kita tersebut, dan malah membuat kita semakin jauh dari Allah Ta’ala. Kalau sudah begini, ilmu yang kita milliki malah justru akan menjadi sumber masalah pada diri kita ini.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah sabda beliau berkata, (yang artinya), Tiga perkara yang membinasakan: rasa pelit yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti dan ujubnya seseorang terhadap dirinya sendiri (HR. At-Thabrani)

Ingatlah kawan bahwa justru orang-orang yang berilmu itu yang jika dia tidak bijak dalam menggunakan ilmunya, maka dia justru akan binasa karena ilmunya tersebut. Maka berhati-hatilah dengan ilmu kita. Jangan pernah sombong walau setinggi apapun ilmu kita. Karena Allah senantiasa akan mengawasi kita dan apapun yang tersirat dalam hati kita, 24 jam tanpa jeda.

Dalam sebuah firmanNya disebutkan bahwa "Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati" (Qs. Al Mulk : 13)

Semoga hal ini menjadi perenungan bagi kita semua terutama bagi kita yang telah diijinkan Allah untuk memperoleh banyak ilmu dalam berbagai bidang. 

 

(NayMa)

 

 



RELATED ARTICLE