Jangan Terus Mengeluh! Karena Mengeluh Menambah Bebanmu | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Jangan Terus Mengeluh! Karena Mengeluh Menambah Bebanmu

582 kali dilihat

Putus asa, kadang seringkali kita rasakan ketika bertemu sebuah masalah dalam hidup. Tak jarang kita mengeluh, bahkan menyerah sebelum menemukan solusi. Kita merasa sudah berusaha mencari jalan keluar, tapi entah kenapa setelah sekian lama, hal itu belum terwujud juga. Pikiran semakin buntu, dan hal ini bahkan membuat beberapa orang berniat mengakhiri hidup mereka sendiri. Naudzubillah...

Lalu apa sebenarnya solusi agar kita tidak menjumpai masalah? Ya tidak usah hidup. Karena faktanya selama orang masih hidup maka dia pun akan berjumpa dengan masalah sebagai cobaan baginya. Dan tapi sayangnya bukan berarti ketika seseorang telah mati pun akan lepas dari masalah. Dia akan berada di alam yang mana keadaannya akan sesuai dengan kebaikan atau kejahatan yang dahulu dilakukannya di dunia.

Hijabers, kebahagiaan seorang muslim sebenarnya hanyalah nanti di surga yang abadi. “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan jannah untuk mereka…” (Qs. At-Taubah : 111). Karena itu kita wajib berjuang dan bersabar, saat masih hidup di dunia. Tidak ada kebahagiaan yang abadi, pun demikian pula bahwa tidak akan ada kesusahan dan kesedihan yang selamanya. Semuanya silih berganti akan datang kepada kita sebagai bagian dari hidup dan ujian bagi kita.

Karena itu, merasa capek dengan sebuah keadaan memang wajar tapi mengeluh terus menerus tidak akan memberikan apapun, kecuali hanya akan memperberat apapun. Orang yang hatinya dipenuhi iman kepada Allah, akan tetap berpikir positif, tetap mencari celah untuk bersyukur, serta tangguh untuk mencari sebuah jalan keluar dari sebuah masalah. Karena dia yakin bahwa, “Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Qs. Al-Baqarah : 286).

Bertahan melawan keadaan memang tidaklah mudah, hijabers. Tapi kondisi ini pastilah akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih tangguh, kuat dan tahan banting serta tidak mudah putus. Kualitas kita meningkat, pola pikir kita akan berubah ke yang lebih baik, cara pandang kita terhadap hidup juga akan lebih baik. Selanjutnya hati kita juga akan gampang bersyukur, kita tidak akan gampang kufur, lupa apalagi durhaka kepada Allah, serta lebih bijak dengan berbagai keadaan karena hidup kita sudah terbiasa jungkir balik, dan kita menikmati serta berjuang didalamnya. Hal yang paling penting, kita akan terbiasa bertawakkal atau berserah diri hanya kepada Allah, serta berharap hanya kepadaNya saja. Dengan berbagai hikmah serta kebaikan ini, masihkah kita akan mengeluh dan bukan malah berbalik berjuang melawan keadaan?



RELATED ARTICLE