Jenuh Dalam Hidup Akan Gampang Pergi Kalau Kita Lakukan Ini | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Jenuh Dalam Hidup Akan Gampang Pergi Kalau Kita Lakukan Ini

268 kali dilihat

Adakalanya dalam suatu waktu kita dikuasai perasaan yang kita sendiri nggak tahu namanya apa. Aktivitas jadi nggak maksimal, mau ngapa-ngapain juga bingung,bawaannya BT dan nggak semangat. Nggak jarang orang- orang disekitar kita juga terkena akibatnya. Sebab acara marah-marah, sensitif, gampang emosi, dan lain-lain itu jadi ikut datang kepada kita.

Mungkin istilah “jenuh” adalah yang pas kita gunakan buat menggambarkan kedaaan kita itu. Entah karena kita jenuh dengan rutinitas, dengan keadaan, dan atau sebab yang lainnya.

Lalu, apa yang harus kita lakukan agar keadaan ini nggak semakin parah menimpa ke kita, dan lalu memperburuk hari-hari kita? Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa kita coba sebagai solusi buat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa jenuh itu.

  1. Berdoa kepada Allah

Semua hal di dunia ini hanya dengan sekali klik bisa diubah oleh Allah Ta’ala. Hal ini karena memang hanya Allah saja satu-satunya yang Maha Kuasa dan Maha Segala. Dan kita ini cuma ibarat butiran debu aja... alah... hee..

Tapi percaya nggak percaya memang begitulah kenyataannya, kawan. Di dalam Al Quran disebutkan bahwa, “Dialah (Allah)  Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih,yang mempunyai 'Arsy, lagi Maha Mulia,Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya” .(Qs. Al Buruj : 14-16). Allah mampu melakukan apa saja yang Dia kehendaki. Dan ketika Dia sudah melakukan sesuatu, maka nggak akan ada seorangpun yang bisa menghalanginya. Begitupun sebaliknya.

Allah juga menciptakan langit dan bumi dengan begitu dahsyat, jadi kalau hanya sebatas menghilangkan kegalauan, kejenuhan dan lalu menurunkan ketenangan dan kegembiraan dalam hati dan pikiran kita, itu adalah hal yang sangat mudah. Masalahnya, kita mau nggak buat berdoa dulu ke Allah saat kita merasakan rasa-rasa minus itu dihati kita?

  1. Ingat tujuan kita hidup ini buat apa

Kita diciptakan oleh Allah untuk beribadah saja kepadaNya. Dan sayangnya, perasaan jenuh yang kita pendam dalam-dalam hanya akan mengalihkan perhatian kita dari tujuan awal kita ini diciptakan itu. Adanya perasaan jenuh juga akan menjadikan kita lebih mudah melihat dari segi kekurangan hidup kita ini saja, dan lalu juga menjauhkan kita dari rasa syukur. Rasa jenuh juga bisa membuat diri kita benci pada Allah, padahal Allah adalah zat yang Maha Penyayang kepada kita, dan yang paling tahu tentang keadaan yang harus diberikan untuk kita.  

Maka tetap fokus saja dengan acara ibadah kita, inshaAllah dengan itu lambat laun kita akan bersemangat kembali menjalani hidup kita.

  1. Tetap Berpikir positif

Jika jenuh itu datang kepada kita karena keadaan nggak enak yang menimpa kita, maka kunci untuk membuang rasa itu juga ada pada diri kita sendiri loh. Kalau kita mau berpikir positif bahwa semua yang terjadi kepada kita, dan keadaan yang mengenai diri kita ini adalah sudah menjadi kehendak Allah, dan Allah adalah selalu memberi yang terbaik kepada kita. Allah berfirman, (yang artinya), “Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan batas kemampuannya... " (Qs. Al Baqarah 287).

Kawan, jika kita selalu percaya bahwa semua yang terjadi pasti masih pada ukuran kemampuan kita buat bisa meng-handle-nya, maka kita nggak akan gampang jenuh apalagi merasa lelah dan putus asa dalam hidup.

  1. Lakukan hobi kita

Kadang kita sering gagal paham tentang alarm mental dan tubuh kita yang bilang kalau mereka capek, jenuh dan bosan. Hal ini karena kita seringkali melakukan hal-hal yang diluar batas kemampuan kita. Tapi karena tuntutan keadaan kita mau nggak mau harus melakukan. Akibatnya, kita bisa merasa jenuh dan lelah dengan hidup kita. Maka dari itu, sekali kali lakukanlah hobi atau kegiatan yang kita suka, agar semangat kita bisa balik lagi, atau minimal lebih baik dai semula. Manjakan diri dengan menikmati momen itu, seakan kita telah menaruh sebentar beban kita, buat bisa bernafas sebentar dengan lega, lalu nanti bisa bergerak lebih aktif lagi.

  1. Nikmati aja hidup kita

Hidup hanya sekali, kawan. Kadang kita perlu mengerem diri kita ini saat kita terlalu banget memikirkannya sampai jenuh apalagi stress. Karena yang namanya masalah pasti akan datang, bahkan tanpa di undang sekalipun. Karena memang inilah hidup di dunia. Nggak akan ada cerita kita hidup selalu akan senang dan full tenang. Akan ada saatnya kita diatas dan senang-senang, tapi akan tiba waktunya juga kita dibawah, yaitu sedih, kekurangan, ketakutan dan yang lain-lain.

Jadi nggak perlu dibawa berat banget, atau kita bakal jenuh dan atau stress sendiri. Pikirkan saja kebaikan yang telah kita terima dari pada sekedar memikirkan kekurangan yang datang ke kita. Syukuri semua itu banyak-banyak, senyumi saja semua banyak-banyak. Dengan begitu hati kita akan lebih bahagia dan penyakit jenuh juga akan menjauh dari hati dan pikiran kita. InshaAllah. 

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE