Jika Jodoh Tak Kunjung Datang | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Jika Jodoh Tak Kunjung Datang

604 kali dilihat

Allah Maha mengerti apa yang terbaik untuk kita para hambaNya. Ia adalah satu-satunya Zat yang tidak mungkin mendholimi kita. Ia tahu yang terbaik untuk kita, termasuk waktu yang pas untuk sesuatu yang terjadi pada hidup kita. Tidak terkecuali masalah jodoh. Allah adalah “sutradara” kehidupan yang terbaik, dari sutradara manapun yang pernah ada di dunia ini. Jalan cerita yang dibuatNya juga penuh dengan pembelajaran dan hikmah yang tidak lain adalah untuk membaikkan hidup kita.

Tapi mengapa kita masih galau ketika jodoh kita belum datang? Dan mengapa kita juga gampang bingung atau membandingkan kehidupan kita dengan orang lain yang mungkin lancar jalan jodohnya? Atau mengapa kita bisa patah semangat, saat orang yang kita harapkan bisa menjadi jodoh kita ternyata telah menjadi milik orang, atau memilih orang lain untuk menjadi pasangan hidupnya?

Percayalah Hijabers, setiap kita memiliki cerita hidup sendiri yang Allah sudah atur dengan baik sekali setiap detail episodenya. Ia bisa mengatur seluruh alam semesta dengan begitu indah, apalagi sekedar jodoh atau jalan hidup kita.

Sungguh, kita hanyalah makhluk yang diperintahkan untuk taat dan tunduk. Sedang Dia adalah yang maha kuasa, dan sebaik-baik pengatur apapun yang ada di dunia ini. Ilmu kita bagaikan air setetes diantara luasnya lautan. Kita tidak mengerti apa-apa kecuali jika Dia berkenan memberikan pengetahuan itu kepada kita. Kita tidak mengerti apa-apa, bahkan tentang yang terbaik untuk diri kita sendiri. Sedangkan Allah tahu dengan detail setiap urusan kita, dan apa-apa yang terbaik untuk diri kita ini. Apapun takdir, musibah ataupun kesenangan yang menimpa diri kita, itu semua adalah pasti yang terbaik bagi kita, tapi mungkin pikiran kita saja yang tidak sampai untuk menjangkau hikmah kebaikan dari semua itu.

Allah SWT berfirman di dalam Al-Quran, (yang artinya), “Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216).

Karena itu, tetaplah berprasangka baik kepada Allah, dan tetap berusaha dan pantang menyerah menemukan jodoh kita. Jika ternyata belum juga bertemu, maka serahkan semua kepada Allah yang maha menolong kita. Karena tidak ada daya dan upaya kecuali hanya karena pertolongan Allah saja. Semoga Allah memudahkan usaha kita tersebut. Aamiin.



RELATED ARTICLE