Jika Kita Benar-Benar Mencintai Bulan Ramadhan | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Jika Kita Benar-Benar Mencintai Bulan Ramadhan

566 kali dilihat

Sedih memang rasanya ditinggal oleh bulan ramadhan yang mulia. Bulan dimana kita belajar banyak kebaikan  serta menimba banyak amal baik. Namun waktu harus terus berjalan. Dan jika yang tertinggal hanya rasa sedih saja, maka akan percuma, Hijabers.  Paling tidak walaupun bulan mulia itu telah berlalu, pembelajarannya tentang ketaatan kepada Allah, dan banyaknya ibadah kepada Allah seperti dibawah ini, harus tetap berbekas pada diri kita, sebagai pembuktian kecintaan kita yang sungguh-sungguh kepada Allah dan rindunya kita untuk bertemu dengan bulan mulia ini. Semua itu dapat kita buktikan dengan melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

 

  1. Merutinkan salat 5 waktu secara tepat waktu.

Satu hal yang menjadi ciri khas bulan ramadhan adalah ramainya masjid, tidak hanya saat shalat tawarih di malam hari namun juga di siang hari. Semangat itu benar-benar ada ketika bulan suci ramadhan tiba. Dan kini walaupun dia telah pergi, kita yang tetap merinduinya akan tetap senantiasa memelihara semangat untuk mendirikan salat di awal waktu.  

  1. Rutin membaca Al-Quran

Tadarus adalah satu hal yang juga spesial untuk dilakukan terutama dibulan suci ramadhan. Bahkan tak jarang kita berhasil mengkhatamkan Al-Quran, satu hingga tiga kali atau bahkan lebih dalam jangka waktu satu bulan saja. Kebiasaan baik ini tentunya harus tetap terus kita dibiasakan di hari-hari setelah ramadhan, dan kita jadikan amalan wajib harian untuk membaca serta mentaddaburi Al-Quran.

  1. Mendirikan ibadah-ibadah sunnah

Berbagai macam ibadah sunnah seperti salat rawatib, salat dhuha, salat tahajud, salat hajat serta ibadah–ibadah sunnah lainnya yang sering dilakukan di bulan ramadhan juga harus menjadi kebiasaan yang kita coba untuk terus amalkan di hari-hari setelah ramadhan.

  1. Memperbanyak sedekah

Bersedekah juga pasti sering kita dilakukan ketika bulan ramadhan tiba. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kas masjid-masjid atau mushala disekitar kita. Banyak diantara kita yang berlomba-lomba untuk banyak bersedekah karena janji dari Allah SWT yang akan melipatgandakan pahala kebaikan dari sedekah kita. Setelah ramadhan semestinya semangat sedekah kita juga terus bertumbuh dan atau bila mampu kita jadikan kebiasaan sehari- hari kita.

  1. Menyantuni anak yatim

Berbagai acara bakti sosial seperti santunan untuk anak yatim hadir dimana-mana selama ramadhan kemarin. Namun perlu kita sadari adalah kalau anak-anak yatim dan fakir miskin tidak hanya butuh bantuan kita saat bulan ramadhan saja,  namun juga bulan-bulan lainnya. Karena itu sudah semestinya kita terus bersama-sama menyantuni anak yatim pada kesempatan lain selain di bulan ramadhan.

 

 

 

 

 

 

Writer : Ratna P Sari

Editor : BL



RELATED ARTICLE