Kasihan, Mereka Sangat Bangkrut | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Kasihan, Mereka Sangat Bangkrut

175 kali dilihat

Siapapun manusia di dunia ini pasti ingin mendapatkan keuntungan dalam segala hal. Sebaliknya mereka selalu berusaha menjauhi hal-hal yang dapat merugikan mereka, dan atau membawa mereka kepada kebangkrutan.

Karena sudah menjadi fitrah manusia, bahwa mereka akan sedih jika kehilangan sesuatu yang mereka sayang. Sebisa mungkin akan mereka jaga dan mereka pelihara agar hal atau barang tersebut tidak rusak apalagi sampai menghilang dari sisi mereka.

Kawan, hal ini juga berlaku ada diri kita. Lihatlah betapa kita menyayangi sesuatu yang sangat berharga buat kita. Siang malam kita memastikan bahwa hal tersebut agar bahkan diri kita sendiripun tidak merusaknya.

Tapi sayangnya kadang kita lupa satu hal. Kita lupa untuk menjaga sesuatu yang seharusnya patut sekali untuk kita sayang. Hal itu adalah amal baik kita. Kita bahkan merelakannya begitu saja sehingga terambil oleh orang lain. Amal baik yang begitu payah kita kumpulkan, yang seharusnya menjadi sebab beratnya timbangan kita kelak di hari kiamat, malah kita sia-siakan begitu saja. Sehingga kitapun akhirnya menderita kerugian bahkan kebangkrutan.

Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Rasulullah Shalalahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya),

"Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu…?, ” Mereka menjawab : “ Menurut kami, orang yang bangkrut adalah orang yang tidak mempunyai uang maupun harta.” Beliau lalu bersabda, ”Sesungguhnya orang yang bangkrut di antara umatku ialah orang yang pada hari kiamat datang dengan membawa pahala Shalat, Puasa, dan Zakat, Tetapi ia juga pernah mencela orang, menuduh orang berzina, memakan harta orang, menumpahkan darah orang, dan memukul orang. Maka kebaikannya diberikan kepada orang-orang itu (yang dizholimi). Jika kebaikannya telah habis sebelum tanggungannya ditunaikan, maka dosa orang-orang tersebut diambil dan dilemparkan kepadanya (yang menzholimi ). Lalu dilemparkan ia ke neraka.” ( Hr. Imam Muslim)

Kawan, sikap ceroboh kita terhadap suatu urusan ternyata bisa mengakibatkan kita jatuh bangkrut ketika hari perhitungan itu tiba. Kita yang banyak berbuat negatif pada orang lain yang akhirnya harus menuai kesedihan ketika tidak ada jalan untuk balik ke dunia. Kita yang sudah bangkrut itupun juga akhirnya harus menutup episode hidup kita dengan berakhir di neraka, setelah semua kebaikan kita habis diberikan untuk mereka yang telah kita jahati

Astaghfirullahaladzim...

Semoga Allah melindungi kita semua dari kebangkrutan dan kehilangan pahala kebaikan yang pastinya akan sangat menyedihkan bagi kita itu. Maka, sebelum terlambat ada baiknya kita semua dengan lapang dada menyelesaikan semua urusan kita dengan orang lain, sebelum jatah nafas kita ini berakhir. Agar kita kelak tidak mendapat kesulitan seperti yang telah di sabdakan oleh Rasul kita yang mulia tersebut. Aamiin.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE