Kebaikan Menjalin Silaturahim | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Kebaikan Menjalin Silaturahim

228 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Islam adalah agama yang penuh kasih sayang. Karena itulah Islam sangat menganjurkan untuk menjalin kasih sayang antar sesama manusia. Salah satunya adalah dengan menyambung silaturahim. Karena dalam silaturahim, sebuah hubungan pun akan menjadi lebih erat. Mereka yang dulunya jauh atau malah terputus dalam hal interaksi, kembali bisa hangat dan lebih dekat.

 

Tak hanya itu, silaturahim juga membentuk seseorang memiliki keluasan hati yang sangat. Karena salah satu ciri dari silaturahim adalah menyambung hubungan yang telah putus atau diputuskan. Hal ini seperti telah disebutkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam, (yang artinya), "Yang disebut bersilaturahim itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan bersilaturahmi itu ialah menyambungkan apa yang telah putus" (HR Bukhari).

 

Karena itu tidak berlebihan bila dikatakan bahwa menjalin silaturahim adalah sebuah sikap yang sangat mulia, dan tidak semua orang mampu melakukannya. Namun bagi mereka yang mau melakukannya, Allah lah nanti yang akan menjadi penolongnya.

 

Diriwayatkan, telah datang seorang lelaki kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata:

“Wahai Rasulullah, aku mempunyai kerabat. Aku menyambung hubungan dengan mereka, akan tetapi mereka memutuskanku. Aku berbuat baik kepada mereka, akan tetapi mereka berbuat buruk terhadapku. Aku berlemah lembut kepada mereka, akan tetapi mereka kasar terhadapku,” maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau benar demikian, maka seakan engkau menyuapi mereka pasir panas, dan Allah akan senantiasa tetap menjadi penolongmu selama engkau berbuat demikan.” (Hr. Bukhari dan Muslim)

 

Silaturahim juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kebaikan pelakunya. Salah satunya adalah penyebab umur panjangnya seseorang dan kelapangan dalam hal rizki. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya), “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. (Muttafaqun ‘alaihi).

 

Hijabers, melihat begitu besar ganjaran kebaikan yang kita terima dengan menyambung sebuah silaturahim, maka sangat disayangkan bila kita tidak mau menyambungnya terlebih dahulu, kecuali bila kerabat kita yang memulainya. 

 

Bukankah semua dari kita pasti berharap kebaikan yang banyak bagi diri kita sendiri? Maka jangan ragu lagi kawan, mari kita belajar menyambung silaturahim agar hidup kita senantiasa dalam kebaikan. Aamiin.

 

 


Artikel Terkait Lainnya..
Belajar Rukun Dengan Saudara Kita

RELATED ARTICLE