Keberkahan Puasa Tasu'a di Tanggal 9 Muharram | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Keberkahan Puasa Tasu'a di Tanggal 9 Muharram

410 kali dilihat

Puasa hari Tasu’a adalah puasa yang dilakukan tanggal 9 Muharram, atau sehari sebelum hari Asyura, tanggal 10 Muharram. Dinamakan Tasu’a, adalah dari kata tis’ah, yang dalam bahasa Arab artinya sembilan.

Pada tanggal 9 Muharram kita dianjurkan untuk berpuasa. Puasa ini kita lakukan agar tidak menyamai puasa yang dilakukan Yahudi, yaitu pada tanggal 10 Muharram saja.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa Asyura dan beliau memerintahkan para sahabat untuk melakukan puasa di hari itu juga, ada beberapa sahabat yang mengatakan, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya tanggal 10 Muharram itu, hari yang diagungkan orang Yahudi dan Nasrani.”

Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Jika datang tahun depan, insyaaAllah kita akan puasa tanggal 9 (Muharram).”

Ibnu Abbas melanjutkan, “Namun belum sampai menjumpai Muharam tahun depan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah wafat.” (HR. Muslim 1916). 

diaryhijaber puasa tasua

Dengan kita melakukan puasa tasu’a berarti tercapailah tujuan dalam menyelisihi orang Yahudi, yang tidak hanya puasa ‘Asyura, akan tetapi menyertakan hari lainnya juga.

Namun ntuk menjadi perhatian kita bahwa fungsi puasa tasu’a adalah mengiringi puasa asyura. Sehingga tidak tepat jika kita yang hanya berpuasa tasu’a saja. Tapi harus digabung dengan asyura di tanggal 10 muharram, keesokan harinya. Wallahu’alam.



RELATED ARTICLE