Kedatangan Imam Mahdi yang Akan Ditunggu Umat Islam | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Kedatangan Imam Mahdi yang Akan Ditunggu Umat Islam

459 kali dilihat

Hari kiamat adalah sesuatu yang telah Allah pastikan kedatangannya. Dan tidak ada satupun dari kita makhluknya yang akan tahu kapan hari besar itu akan datang. Hari kiamat tersebut juga  akan memunculkan peristiwa-peristiwa besar sebagai tanda-tandanya. Salah satunya adalah kemunculan Imam Mahdi.

Dia adalah orang yang diberi petunjuk kebenaran oleh Allah ta’ala, dan akan menguatkan Islam serta menyebarkan keadilan. Dia akan muncul dari arah timur, yaitu timur Jazirah Arab. Dan kaum muslimin serta kerajaan-kerajaan Islam nantinya akan berada di bawah kekuasaannya.

Imam Mahdi berasal dari keturunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nama Imam Mahdi juga adalah Muhammad, dan nama ayahnya juga adalah ‘Abdullah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya),

“Dunia ini tidak akan sirna hingga seorang pria dari keluargaku yang namanya sama dengan namaku (yaitu Muhammad) menguasai Arab.” (Hr. Tirmidzi)

“Dia berasal dari keluargaku. Namanya (yaitu Muhammad) sama dengan namaku. Nama ayahnya (yaitu ‘Abdullah) pun sama dengan nama ayahku.” (Hr. Abu Daud).

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam juga pernah menjelaskan tentang sifat fisik Imam Mahdi tersebut. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya),  “Imam Mahdi adalah keturunanku. Dahinya lebar (atau rambut kepala bagian depannya tersingkap) dan hidungnya mancung.” (Hr. Abu Daud).

Dengan kekuasaan Imam Mahdi ini, dunia akan dipenuhi dengan keadilan dan kemakmuran. Hal ini sangat berbeda sekali dengan keadaan sebelum beliau ada. Saat itu harta akan begitu melimpah, tanah-tanah akan banyak ditumbuhi tanaman, dan hewan ternak hidup dengan sehat. Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (yang artinya),

“Imam Mahdi berasal dari keturunanku. Beliau memiliki dahi yang lebar dan hidung yang mancung. Di masanya, akan tersebar keadilan di muka bumi, sebagaimana sebelumnya penuh dengan kezholiman dan kelaliman. Beliau akan berkuasa selama 7 tahun.” (Hr. Abu Daud).

 “Akan ada pada umatku Al Mahdi. Jika masanya pendek (dia memerintah) selama 7 tahun, jika tidak maka 9 tahun. Pada masa itu umatku akan mendapatkan kenikmatan yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Mereka akan memperoleh banyak makanan dan mereka tidak akan menyimpannya. Pada saat itu, harta begitu melimpah. Ada seseorang yang mengatakan, ‘Wahai Imam Mahdi, berilah aku sesuatu.’ Lalu beliau mengatakan, ‘Ambillah." (Hr. Ibnu Majah).

“Datanglah seseorang kepada Imam Mahdi, lalu dia berkata, ‘Wahai Imam Mahdi, berikanlah aku sesuatu, berikanlah aku sesuatu.’ Lalu Nabi berkata, “Imam Mahdi pun menuangkan sesuatu di pakaiannya yang ia tidak sanggup memikulnya.” (Hr. Tirmidzi).

“Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. (Pada masanya), Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun.” (Hr. Hakim).

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang Imam Mahdi. Semoga dapat menambah keyakinan kita akan kebenaran firman Allah tentang hari kiamat dan tanda- tanda yang akan muncul dan menyertainya.



RELATED ARTICLE