Keistimewaan Agama Islam dengan Agama-Agama Lain | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Keistimewaan Agama Islam dengan Agama-Agama Lain

1.047 kali dilihat

Islam itu sangat berbeda dengan agama lain. Keutamaan serta kemuliaannya terlalu unggul dan tinggi dibanding yang lainnya. Karena itu, betapapun banyak para pendengki yang ingin memfitnah Islam agar terlihat buruk, namun banyak dari mereka yang akhirnya justru tertarik dengan keindahan Islam dan menjadi pengikut setianya. Atau jika tidak, jika mereka tetap mengingkarinya, maka yakinlah bahwa hati kecil mereka sebenarnya tetap mengatakan bahwa yang terbaik memang hanyalah Islam. Karena kebenaran adalah tetap kebenaran dan tidak akan bisa dipungkiri keberadaannya.

Dan berikut adalah sedikit keistimewaan yang membedakan Islam dengan yang lainnya,  

  1. Islam mengajarkan bahwa Allah Subhanahu Wata’ala itu satu, dan yang lain adalah makhluk serta ciptaannya. Konsep yang sangat tegas, lugas, dan gampang sekali dicerna, bahkan oleh akal manusia sekalipun. Tanpa berbelit-belit dan penjelasan yang panjang. Allah adalah diatas segala-galanya. Hanya dia yang boleh untuk disembah, paling ditaati, dicintai, ditakuti, diagungkan, ditinggikan, dan lain-lain diatas apapun dan siapapun ciptaannya. Tidak ada satupun yang lebih tinggi dariNya.
  2. Islam adalah agama yang mengajarkan persamaan diantara umat manusia tanpa melihat status sosial, jenis kelamin, keturunan, harta, kasta, atau warna kulit. Satu-satunya tolak ukur kemuliaan adalah tentang ketakwaan yang dimiliki manusia itu. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman, “Sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian di sisi Allah ialah yang paling bertakwa diantara kalian.” (QS. Al Hujurat : 140).
  3. Alquran adalah kitab suci umat Islam yang datang dari Allah Ta’ala. Al-Quran itu abadi dan dijaga langsung kemurniannya oleh Allah Subhanahu wata’ala yang Maha tinggi dan Agung.
    Dia berfirman, (yang artinya), “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (Al-Hijr: 9). Karena itulah, Al-Quran tidak perlu dan tidak mungkin ada revisi. Karena kebenarannya pun di pastikan langsung oleh Allah yang menciptakannya, dan walau jaman telah semakin modern, namun apa yang tertulis di dalam Al-Quran, adalah tetap bisa menjadi tuntunan yang terbaik bagi manusia.
  1. Islam dengan segala aturannya bukan sekedar omong kosong, atau dongeng pengantar tidur. Banyak keajaiban yang termuat di dalam Alquran, yang disampaikan oleh Rasulullah SAW di 1400 tahun yang lalu. Dan hebatnya kebenarannya bisa benar- benar dibuktikan oleh para ilmuan di jaman modern sekarang ini. Contoh kecil saja, penggambaran di dalam Al-Quran yang dengan gamblang menjelaskan tentang perkembangan manusia sejak masa tercampurnya Gamet melalui proses organogenesis. Bahkan salah satu ilmuwan yang bernama E. Marshall Johnson, yang seorang profesor dan Ketua Departemen Anatomi dan Perkembangan Biologi, serta Direktur Institut Daniel Baugh, Thomas Jefferson University, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika pun mengakuinya. “Tidak ada catatan yang lengkap dan jelas tentang perkembangan manusia, seperti klasifikasi, istilah dan penggambarannya, yang ada sebelum ini” jelasnya.

Dan mengenai hal yang nalar manusia tidak bisa menjangkaunya, Allahpun dengan tegas memberikan memerintahkan manusia agar tidak masuk didalamnya. Karena hal itu adalah hak Allah saja untuk bisa menguasainya. Sebagai contoh, firman Allah Subhanahu Wata’ala berikut, Jawablah! Nyawa (ruh) itu termasuk urusan Tuhanku.” (QS. Al-Isra’ : 85).

  1. Al-Quran adalah kitab yang mengkombinasikan unsur-unsur ajaran samawi yang terbaik yang terdapat di dalam kitab-kitab suci terdahulu dan menempatkan semua itu sebagai ajaran dan tuntunan abadi dan luas rangkumannya. Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya inilah yang diajarkan dalam kitab-kitab terdahulu, kitab-kitab suci Ibrahim dan musa” (87:19)
  2. Islam juga mengajarkan kehidupan sesudah mati. Dan Al-Quran memuat semua itu dengan lengkap. Hal ini memuaskan penasaran manusia tentang masa depan setelah kehidupan di dunia.

Masih banyak lagi keutamaan Islam yang akhirnya membedakannya jauh diatas agama lain. Karena itulah, sudah menjadi kewajiban kita untuk bersyukur karena kita yang telah diijinkan Allah untuk memiliki harta terbesar kita yaitu iman Islam. Semoga kita bisa selalu bisa menjaga kemuliaan dan kesuciannya, sampai akhir hayat kita nanti. Aamiin.



RELATED ARTICLE