Keistimewaan Hari Jum'at | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Keistimewaan Hari Jum'at

813 kali dilihat


Di dalam Islam, terdapat salah satu hari yang istimewa dibandingkan deretan hari yang lain. Hari itu adalah hari Jum’at. Banyak peristiwa yang terjadi tepat di hari Jumat, banyak waktu mustajab untuk berdoa dihari Jum’at dan amalan-amalan mulia yang dicontohkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi wassalam untuk kita lakukan di hari jumat, dan lain sebagainya.

Dan kali ini, kita akan uraikan satu persatu tentang keutamaan-keutamaan itu. Semoga dengan lebih memahaminya, kita bisa lebih memaksimalkan diri untuk meraih banyak pahala dari Allah Subhanahu Wata’ala.


A.   Hari Jum’at adalah penghulu dari hari dan sebaik baik-baik hari

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari Jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari Jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari Jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari Jum’at juga Adam dimatikan, di hari Jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari Jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali ia dikasihi pada hari Jum’at.” (HR. Ahmad)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu’alaihi wa Salam beliau bersabda, Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).


B. HariJumat adalah harinya kaum muslimin

Hari Jum’at adalah hari berkumpulnya umat Muhammad shallallahu‘alaihi wa sallam dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mendengarkan dua khutbah Jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta do’a,yang lalu dilanjutkan dengan melakukan sholat Jumat bersama.

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy radhiyallahu‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari Jum’at, Yahudi pada hari sabtu dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari Jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslimdan Ibnu Majah).


C. Dosa-dosa kita diampuni antarajum’at ini dengan jum’at sebelumnya

Dari Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan ia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian ia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara Jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari).





Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE