Keteledoran Kita Itu Mahal Harganya | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Keteledoran Kita Itu Mahal Harganya

347 kali dilihat

Manusia itu tempatnya salah dan lupa. Dan manusia memiliki banyak keterbatasan dalam berbagi hal. Karena itu nggak heran, bila dalam setiap urusan nggak akan ada yang begitu sempurna tertangani. Salah satu penyebabnya adalah masalah lupa, atau keteledoran yang dilakukan oleh manusia tersebut.

Seringkali keteledoran atas sesuatu itu, akhirnya berbuntut panjang. Masalah yang awalnya hanya satu, malah jadi dua, tiga dan seterusnya. Hal seperti inilah yang akhirnya membawa banyak orang harus mengerahkan tenaga, waktu, pikiran dan materi untuk mengatasi masalah tersebut. Maka nggak berlebihan kiranya kalau digambarkan dalam sebuah kalimat bila “keteledoran itu harus ditebus dengan mahal”

Karena itulah, fokus pada pikiran, hati dan semuanya atas sebuah urusan itu sangat diperlukan. Manusia memang terbatas dalam semua hal. Tapi manusia bisa mengerjakannya satu demi satu secara bergantian. Maka, kerjakanlah satu demi satu, dengan penuh kehati-hatian tanpa harus mengurangi kecepatannya. Karena setiap saat kita sebagai manusia juga harus berkejaran dengan waktu, yang sayangnya si waktu tersebut nggak bisa untuk diputar kembali.

Kawan, jangan sampai keteledoran, kecerobohan, dan apapun itu bahasanya menjadikan kita nggak maju karena kebiasaan itu tetap kita pelihara. Karena lama-lama jika keadaan itu terus berlangsung, maka bisa dipastikan bahwa kita akan hancur karena semua kebiasaan buruk tersebut.

Sekali lagi, manusia memang tempatnya salah dan lupa, kawan. Tapi bukan berarti manusia bisa dan boleh berbuat salah terus. Karena manusia dibekali oleh Allah Ta'ala dengan akal, untuk berfikir. Dan mereka yang pandai adalah yang bisa bilang kapok dengan segala efek buruk kesalahannya dulu, serta pandai dalam menggunakan pengalaman tersebut untuk belajar agar nggak melakukan kesalahan yang sama dimasa depan. Dan semoga Allah menuntun kita untuk bisa menjadi salah satu dari manusia yang mau melakukan hal yang baik ini, adalah kita. Aaamin

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE