Kok Doa Gue Belum Dikabulin Yak? | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Kok Doa Gue Belum Dikabulin Yak?

738 kali dilihat

(Diaryhijaber.com) - Di Dalam Alquran dikisahkan, Nabi Nuh As pernah berkata kepada kaumnya, "Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,  niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.  Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah? (QS Nuh, 71:10-13)

Next, pas lagi ada diperut ikan paus, Nabi Yunus As dulu juga pernah berdoa, “Laa ilaaha illah anta, subhanaka inni kuntu minadzhalimin” Artinya, “Tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku benar-benar orang dzhalim.” 

Gaes, saat itu Nabi Yunus As langsung taubat, dan istighfar. Alhamdulillah, doanya langsung dikabulkan Allah Swt. Walopun TKPnya ituh perut ikan yang keadaannya nggak banget pastinya bu’, tapi Allah Swt akhirnya ngeluarin Nabi Yunus As dengan tetap nyaman dan sehat sentosa, sodara sodara. 

Yoi gaes, ternyata saat kita banyak banyak taubat dan istighfar ke Allah, InshaAllah doa kita bakal bisa dikabulinnya.  Karena bu’, saat kita ngelakuin banyak banyak istighfar dan taubat, sama aja kita ngakuin kalo kita nyesel dan pengen banget Allah maafin kita. Kalo dah gitu, inshaallah Allah yang maha pemaaf bakal nerima permintaan maafnya kita. Akhirnya Allah yang maha penyayang, bakal ngasih kita deh apa yang kita mau. Bakal menuhin apa yang kita doain. Seperti yang pernah kejadian ama Nabi Nabi kita sebelumnya. 

Kalo kita malah sombong, dan cuman sibook aja hari hari ngeluh “Tuhan jahat deeh, kok doa gue nggak dikabulin” ... yaelah bu’, gambaran logisnya aja ya... gimana bisa kita minta sesuatu sama orang yang kita udah banyak buat salah ama dia? Apalagi kalo kita make acara sombong, ato malah maksa, ato ato rajin ngeluh dan merajuuuk mulu' gitu depan dia. Waddooh bukannya permintaan kita dipenuhin bu’, yang ada panci melayang berikut penggorengan dan para staf serta jajaran yang terkait yang bakal nyamperin kita. Yuukkk!!!

Nah nah itu baru sesama manusia, apalagi ini sama Tuhan kita yang nyiptain langit bumi kumplit ama isi isinya. Kudu ada sopan santun dan aturannya dwong bu. Ya nggak jreng?

Gaes, nggak perlu kita protes dan nanya' kita udah buat salah apaan sih, sampe sampe kudu istighfar dan taubat mulu' bu. Kita mah manusia emang tempatnya salah dan lupa say, yang kita sengaja aja banyak, apalagi yang kita nggak sengaja. Lebih banyak pastinya, bu'.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bercerita tentang kisah Nabi Adam, beliau mengatakan, “Adam telah melanggar larangan Allah, maka anak keturunannya pun juga akan melanggar larangan Allah. Adam telah lupa, maka anak keturunannya pun juga akan lupa. Adam telah berbuat dosa, maka anak keturunannya pun juga berbuat dosa” (HR. Tirmidzi, hasan shahih).

Karena itu, kalo kita ngareep banget ato pengen sesuatu, trus kita udah doa, tapi kok belum belum juga kejadian, kali' istighfar kita kurang bu, taubat kita juga kurang serius. Jadi yuk mulai sekarang, kita bareng bareng perbaiki yang kurang dari kita itu, agar Allah lebih sayang kita, dan doa kita juga gampang dikabulin. Kan kalo gitu, kita juga sendiri yang bakal seneng. Ya nggak sih bu' ?

Allahummaanta robbi khalaqtani wa ana abduka wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu. Abu ‘u laka bi ni’matika ‘llaya, wa abu ‘u bi dzanbi faghfirli fa innahu laa yaghfiru dzunuba illa anta.

"Ya Allah, engkau Tuhanku, Penciptaku, dan aku hambaMu, dan aku di atas janjiMu dan ketentuanMu semampuku, aku akui nikmatMu kepadaku, dan ku akui kesalahanku, maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang mengampuni kesalahan selain Engkau"


(NayMa/diaryhijaber.com)




RELATED ARTICLE