Komentar Orang? Penting Banget ya? | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Komentar Orang? Penting Banget ya?

262 kali dilihat

Kita hidup memang nggak bisa lepas dari hubungan dengan orang lain. Orang lain yang dimaksud disini adalah siapapun disekitar kita, kecuali diri kita sendiri. Ada sebagian kita yang senang dan merasa nyaman bila menempatkan pendapat orang  diatas pendapat dirinya sendiri. Jadi keputusan dan pendapat orang lain itu lah yang akhirnya banyak menjadi keputusan kita dan yang menentukan langkah hidup kita selanjutnya.

Tapi sayangnya, semakin banyak dia mengikuti apa yang orang lain bilang, semakin pusing pula hidupnya. Nggak heran lah, bayangpun orang lain itu jumlahnya banyak. Dan kadang ada juga diantara mereka yang berpendapat sekedar dari apa yang mereka lihat atas diri kita. Pokoknya komentar aja, udah. Nah sedang kita yang menjalani kehidupan kita sendiri, tapi malah sibuk menuruti komentar mereka yang bermacam-macam itu, jadilah pusing sendiri kita.

Pertanyaannya, kenapa harus pusing kalau bisa dibuat sederhana aja, kawan? Mendengar apa yang diucapkan orang lain kadang memanglah perlu, karena kitapun butuh bahan pertimbangan buat melihat masalah dari berbagai sisi. Jadi kita nggak seperti “berkacamata kuda” alias punya pandangan yang sempit, kaku dan atau dangkal. Siapa tahu pengalaman orang lain tentang menyelesaikan suatu masalah adalah lebih banyak dari pada kita. Tapi bukan berarti semua omongan, komentar, dan nasehat orang lain harus kita dengar dan kita laksanakan. Apalagi kalau nadanya negatif dan atau malah menjatuhkan semangat kita. Kita akan nggak maju-maju, tapi malah baper menahun jadinya.

Karena memang setiap orang punya cara yang beda, dan selera yang berbeda buat menyelesaikan masalahnya sendiri-sendiri. Mungkin jalannya nggak sama, tapi tujuannya tetap sama, yaitu masalah selesai dan hidupnya balik happy lagi.

jadi, cukup jadikanlah omongan orang sebagai bahan pertimbangan saja. Tapi berhentilah ketika kita justru  merasa semua itu malah buat buat masalah baru dalam hidup kita. Dan kalau kita masih bingung, ya udah tanya saja sama yang Maha Ahli menyelesaikan masalah kita, Allah Subhanahu Wata’ala. Kita banyak-banyak sholat, dan doa minta petunjuk dari Allah. Dan nantinya inilah yang harusnya kita ikuti banyak-banyak.

Selesai kan? Nggak pakai ribet kan? Dan yang pasti nggak usah pakai-pakai acara berpusing ria, karena mendengarkan banyak omongan orang. Karena kadang masalah kita yang datang sebenarnya bisa dengan sederhana saja kita selesaikan, tapi omongan dan komentar orang, ke-baper-an kita, dan kebanyakan pakai hati kita itulah yang justru malah menambah ribet  dan berat aja. Ya nggak sih? 

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE