Lebih Baik Diam Dan Terlihat Bodoh | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Lebih Baik Diam Dan Terlihat Bodoh

3.501 kali dilihat

Menuntut ilmu adalah hal yang wajib kita lakukan. Karena tanpa ilmu seseorang tidak hanya akan terlihat kurang pintar tapi juga akan mendapatkan kesulitan, serta tersesat di dalam hidupnya. Apalagi jika mereka yang masih minim ilmu, tapi malah bersikap merasa paling tahu. Akhirnya bukan hanya manusia yang akan anti pati kepada mereka, sikap tersebut akhirnya juga akan membawa kerugian dalam hidup mereka sendiri.

 

Apalagi jika mereka merasa banyak tahu tentang ilmu Islam. Mereka lalu memutuskan sebuah perkara berdasarkan hawa nafsu mereka, dan atau menghukumi sesuatu tanpa ilmu. Karena sikap merasa paling tahu inilah mereka lalu mengklaim diri mereka paling benar dan paling berhak menjawab semua perkara tentang agama, tanpa harus bertanya dahulu kepada para ulama, dan walaupun harus dengan berdusta atas nama Rasulullah.

 

Padahal Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka." (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Dari Al Mughirah, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Imam Adz Dzahabi pernah berkata, “Berdusta atas nama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah suatu bentuk kekufuran yang dapat mengeluarkan seseorang dari Islam. Tidak ragu lagi bahwa siapa saja yang sengaja berdusta atas nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal berarti ia melakukan kekufuran”

 

Sungguh, sabda Rasul ini seharusnya sudah cukup menjadi peringatan bagi mereka yang gampang bersikap sok tahu tentang ilmu agama dan mudah mengobral kebohongan atas nama Rasulullah.

 

Padahal jika mereka mengerti, bahkan para malaikat saja menghindari sikap seperti itu. Merekapun tidak malu untuk mengakui bahwa ilmu Allah Ta’ala adalah diatas segalanya. Mereka tidak lantas merasa lebih pintar dari Allah. Dan mereka juga mengakui bahwa apa- apa yang mereka ketahui hanyalah semata- mata karena pemberian Allah saja. Mereka berkata : "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami: sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS. Al Baqarah ayat 32)

 

Karena itu kawan, jangan pernah berhenti menuntut ilmu dalam hal apapun, terutama pengetahuan tentang Islam. Dan hindari sikap merasa sudah pintar, karena justru hanya akan merendahkan diri kita sendiri. Mereka yang pandai, justru akan merasa bodoh dan belum banyak tahu, lalu memperbanyak tahu dengan belajar lagi dan lagi. Mereka juga akan gampang bersikap rendah hati, serta lebih berhati- hati menjaga lidah apalagi dari berbuat kebohongan karena mereka tahu dengan pasti pentingnya peringatan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam tentang hal itu, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Hr. Bukhari dan Muslim)

 

Lebih baik kita diam dan terlihat bodoh, dari pada merasa paling tahu dan malah dianggap orang lain, kalo kita telah bersikap bodoh. Setuju?


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE