Lembut Tapi Tangguh | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Lembut Tapi Tangguh

373 kali dilihat

Cewek memang diciptakan lebih lemah secara fisik dan perasaan, dari pada cowok. Dan emang udah dari Allah diciptakannya begitu adanya. Karena itu nggak heran kalau si cewek lebih gampang terharu alias nangis, lebih gampang emosional, takut dan dan lain-lainnya. Tapi ajaibnya, dalam beberapa kasus,  cewek ternyata juga bisa lebih tahan banting loh dari cowok. Seperti lebih sabar, lebih telaten, lebih mengalah, dan bahkan bisa lebih tangguh menghadapi masalah dan keadaan. Kok bisa?

Yoi banget. Para cewek kadang bahkan nggak banyak sadar tentang kekuatan mereka sendiri, Sampai mereka benar-benar terlibat didalamnya. Mereka ternyata bisa banget keluar dari situasi yang  bahkan orang lain bilangnya nggak mungkin bisa mereka hadapi.

Dan sebagai seorang muslimah, kita harusnya lebih dari pada mereka yang seperti itu. Secara, kita punya alasan dan landasan yang lebih kuat untuk menjadi cewek yang kuat. Alasan kita adalah karena Allah, dan landasan kita adalah karena iman kepada Allah. Jika itu kita lakukan, inshaAllah rintangan sebesar apapun bisa kita lewati dengan mudah, tanpa keluhan dan bahkan mungkin tanpa rasa sakit.

Kalaupun rasa sakit itu datang, maka hal itu cuma sekedar rasa manusiawinya kita saja. Tapi iman kita, hati dan pikiran kita bisa bahagia, karena kita tahu bahwa semua yang kita lakukan nggak akan pernah percuma, karena kita punya harapan bahwa ridho Allah akan bersama kita, dan pahala dari Allah akan jadi milik kita.

Seperti yang dilakukan oleh Sumayyah, beliau adalah wanita pertama yang syahid di jalan Allah. Karena imannya yang kuat, masalah sebesar apapun dia “nikmati” aja. Siksaan, hinaan, ancaman, teror bahkan acara “setor nyawa”, buat beliau nggak ada masalah sama sekali. Bayangpun, beliau yang seorang wanita diseret di dijalanan, lalu dijemur di padang pasir yang sangat panas. Nggak cuma itu, tangan dan kakinya diikat lalu dilemparkan diatas kerikil tajam dan panas. Nggak lupa juga cambukan masih mendarat di tubuh beliau.

Tapi tetap, karena iman beliau yang mantab kepada Allah, maka beliau sama sekali nggak gentar. Sampai akhirnya, Abu jahal pemimpin orang kafir Quraisy waktu itupun, turun tangan. Dia  bahkan sampai bingung gimana bisa membuat Sumayyah melepaskan iman Islamnya. Akhirnya buat nutup gengsinya, secara masak dia kalah sama wanita sih, Abu Jahalpun akhirnya membunuh Sumayyah dengan cara yang sangat kejam. Sumayyah gugur sebagai syahidah pertama dalam Islam.

Kawan, cobaan kita sebagai para cewek, mungkin nggak ada yang sebesar beliau Sumayyah ini. Tapi kenapa kita gampang lembek, nangis, ngeluh, bingung dan acara minus lainnya. Mungkin karena niat dan landasan kita bukan karena Allah.

Kita jadi gampang menghitung untung rugi kita sebagai manusia aja, dan untuk kepentingan dunia aja. Maka itulah kita gampang tumbang dan di tumbangkan oleh sebuah masalah dan atau sebuah keadaan.

Jadi...?

Jadi, berarti landasan dan alasan kita kudu dirombak total. Niatkan semua karena Allah. Maka kita nggak akan gampang tumbang saat orang lain nggak menghargai, nggak membalas, ataupun nggak memberi balik sebaik yang udah kita beri. Toh yang kita cari bukan suka atau nggaknya mereka kan? Melainkan ridho dan pahala dari Allah aja buat diri kita.

Niatkan juga apa yang kita lakukan karena ingin mendapatkan pahala dari Allah saja. InshaAllah itu akan membuat kita lebih kuat dalam meniatkan apa yang ingin kita kerjakan.  Kitapun juga akan lebih tangguh alias nggak gampang tumbang tapi tetap dalam kelembutan sebagai seorang cewek. Asyik, kan?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE