Lembutlah, Maka Kau Akan Disayang | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Lembutlah, Maka Kau Akan Disayang

255 kali dilihat

Kelembutan, adalah ciri khas menarik yang biasanya ada pada diri seorang wanita. Jika kebiasaan ini ini benar-benar diterapkan dan lalu jadi sifat yang dimiliki wanita tersebut, maka hal itu akan jadi “magnet”  yang akan menarik kasih sayang orang-orang disekitarnya.

Maka benarlah yang disampaikan oleh Rasul, dimana dulu beliau pernah bersabda, (yang artinya), “Wajib bagimu untuk berbuat lemah lembut, berhati-hatilah dari sikap ‘anaf (keras dan kasar), sesungguhnya tidaklah sikap lemah lembut ada pada suatu perkara kecuali akan menghiasinya, dan tidaklah ia dicabut dari sesuatu, melainkan akan memburukkan perkara tersebut”. (HR. Muslim).

Kalau kita mau bersikap lembut itu, orang-orang disekitar kita akan betah buat mendekat karena mereka merasa bisa mendapatkan kedamaian dan ketenangan yang banyak mereka cari.

Namun jangan lalu diartikan bahwa kelembutan ini identik dengan kelemahan dan atau sikap tidak tegas. Karena menjadi lembut dan tidak tegas atau bahkan lemah, adalah benar-benar sikap yang berbeda sama sekali.

Ketika kita bersikap lembut, maka hal itu menunjukkan akhlak kita yang baik. Ketika kita bersikap lemah lembut, itu berarti kita tetap bersikap tenang dan tidak reaktif. Ketika kita tetap bisa mengkontrol diri dalam masalah yang kita hadapi.

Sama sekali tidak ada hubungannya bahwa sikap lembut adalah kelemahan dan sikap tidak tegas. Yang ada, justru sikap lemah lembut adalah lebih kuat dari mereka yang gampang marah dan lepas kontrol. Karena disana ada nilai pengendalian diri, penghormatan dan sopan santun. Dan sesungguhnya bila kelembutan itu ada pada seorang wanita, maka hal itu akan mencerminkan bahwa si wanita memiliki sikap keibuan, mengayomi dan dewasa. Kesemua hal itu sama sekali nggak mudah, apalagi jika kita berada pada situasi yang membawa mood nggak enak di hati kita.  

Sikap lembut yang dilakukan oleh para wanita sholihah, bisa dipastikan akan dengan drastis mengangkat nama baik si wanita itu sendiri, dan lalu diapun akan lebih mudah untuk disayangi orang-orang di sekitarnya.

Karena itu ayo kita senantiasa berdoa agar Allah selalu melembutkan hati kita dan mengkaruniai kita kelembutan, serta menjauhkan kita dari sikap kasar lagi keji. Agar hidup kita juga tenang, orang lain juga damai, dan yang paling penting kita akan jauh-jauh dari masalah disebabkan karena kita yang nggak bisa mengkotrol amarah dalam diri kita.



RELATED ARTICLE