Lembutnya Suara Wanita | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Lembutnya Suara Wanita

302 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Segala apa yang ada di pada wanita adalah menarik. Pengaruhnya seperti magnet yang menjadikan kaum Adam bahkan bisa lupa diri. Karena itulah, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam sampai berpesan kepada para laki- laki, (yang artinya), “Sesungguhnya dunia ini manis dan indah. Dan sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menguasakan kepada kalian untuk mengelola apa yang ada di dalamnya, lalu Dia melihat bagaimana kalian berbuat. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap dunia dan wanita, karena fitnah yang pertama kali terjadi pada Bani Israil adalah karena wanita.” (Hr. Muslim, Ahmad, an-Nasâ`i, Ibnu Hibban, al-Baihaqi)

 

Dan salah satu yang menarik pada diri wanita adalah suaranya. Nadanya yang manja, lembut dan kadang mendayu- dayu mudah menghanyutkan siapa saja yang mendengarnya. Tak heran, banyak dari suara wanita yang lalu dijadikan ladang bisnis orang- orang yang hatinya dipenuhi hawa nafsu.

 

Karena itu, Islam datang memberi aturan kepada para wanita sehubungan dengan hal tersebut. Semua adalah untuk kebaikan diri wanita itu, agar tidak terjerumus pada hal- hal yang dapat merugikan diri mereka sendiri.

 

Alquran menjelaskan,

“Wahai istri-istri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.” (Al-Ahzab: 32)

 

Meskipun ayat diatas adalah membicarakan para istri- istri Nabi, namun sudah maklum dan dipahami, bahwa hukum ayat tentunya juga berlaku untuk semua muslimah.

 

Suara wanita dipastikan membawa daya tarik tersendiri. Namun begitu, menurut pendapat yang shahih suara wanita bukanlah aurat karena dahulu para sahabat Rasulullah SAW pun pernah pergi kepada para isteri Rasulullah untuk meminta fatwa dan mereka pun memberikan fatwa dan berbicara dengan para sahabat yang datang tersebut.

 

Musa bin Thalhah ra. berkata : “Aku tidak pernah melihat seorang pun yang lebih fasih bicaranya daripada Aisyah.” (HR. Tirmidzi)

 

Namun perlu kita ketahui bahwa jika wanita berbicara dengan lelaki asing, lalu dia melembut- lembutkan suaranya, dengan intonasi yang di buat- buat dan terdengar manja, serta mengundang fitnah atau keburukan, maka hal tersebut sudah pasti di larang.

 

Semoga hal ini menjadi perhatian bagi kita para muslimah agar Allah selalu ridho kepada kita, dan tidak menjatuhkan laki- laki ke dalam fitnah, serta membawa kerugian pada diri kita sendiri. Aamiin.

 



RELATED ARTICLE