Lidah, Pedang Bermata Dua | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Lidah, Pedang Bermata Dua

357 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Lidah memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dari pada yang kita bayangkan. Alat bicara kita satu itu bagai pedang bermata dua. Dia bisa mengubah keadaan menjadi sangat baik, namun juga bisa menciptakan kekacauan yang sangat besar. Banyak perdamaian yang tercipta bahkan setelah sebuah permusuhan berlangsung bertahun- tahun, akibat perkataan yang diucapkan dari lidah seseorang. Namun juga begitu banyak darah yang tertumpah di bumi ini hanya gara- gara dimulai oleh fitnah yang dilancarkan oleh mulut seseorang.

Berapa banyak pula orang yang harus memendam sakit hati karena lisan orang lain yang menyakitkan baginya. Kata- kata yang kasar dan dan menyakitkan itu, kadang tidak bisa begitu singkat dilupakan. Bahkan ada yang sakit hati tersebut dibawa seseorang sampai liang kuburnya. Maka tak heran bila Ibnu Mas’ud mengatakan, “Tidak ada yang lebih pantas dipenjara dalam waktu yang lama melainkan lisanku ini.”

Kawan, karena itu jangan sepelekan terhadap penjagaan dan kebaikan kata dari lisan kita yang terjaga karena Allah. Bahkan tanpa kita kira, karena lisan yang baik saja Allah bisa mengangkat derajat kita lebih tinggi. Seperti sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam, (yang artinya) “Sesungguhnya ada seorang hamba berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dia pikirkan lalu Allah mengangkat derajatnya disebabkan perkataannya itu.” (HR. Bukhari).

Lagi pula semakin hari umur kita semakin bertambah, dan kitapun akan menjadi lebih tua. Mengapa harus merepotkan diri sendiri dengan menanggung dosa lebih banyak karena membiarkan lidah kita lepas kontrol begitu saja. Apalagi Allah telah menjamin bahwa tidak ada satupun kata yang luput dari catatan malaikat yang menulis setiap kata dan perbuatan yang kita lakukan. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), ”Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf : 18).

Karena itu benarlah apa yang dipesankan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam untuk selalu berhati hati dalam menjaga lidah kita, serta berpikir dahulu sebelum kita mengucapkan sesuatu, dan bukan berucap dulu baru memikirkan tentang semua itu. Karena lidah yang tidak terjaga dikhawatirkan dapat membawa bencana bagi diri kita dan orang- orang sekitar kita. Bahkan dapat menggelincirkan kita ke dalam neraka yang dkedalamannya bahkan tidak bisa termuat dalam akal kita manusia.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya ada seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dipikirkan bahayanya terlebih dahulu, sehingga membuatnya dilempar ke neraka dengan jarak yang lebih jauh dari pada jarak antara timur dan barat.” (HR. Muslim)

Kawan, tambah hari, kita harus tambah lebih baik, lebih baik dan lebih baik. Bila tidak, betapa ruginya kita. Sisa umur habis, namun kebaikan dan amal yang kita kumpulkan ternyata belum cukup untuk bekal kita nanti di akherat. Karena itu, sekaranglah saatnya kita berpikir dan lebih dewasa. Semoga allah selalu menghindarkan kita, menjaga dan memelihara kita dari kejahatan lidah kita sendiri. Aamiin

 



RELATED ARTICLE