"Maaf Gue Lagi Puasa" | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

"Maaf Gue Lagi Puasa"

219 kali dilihat

Puasa itu nggak cuma sekedar menahan lapar dan haus saja. Ada hal yang lebih berat dari pada itu, yaitu menahan nafsu kita dari hal-hal yang dilarang agama. Salah satunya adalah larangan buat mengumbar amarah, dan atau menimpali alias membalas kemarahan orang yang dialamatkan ke kita.

dari Abu Huroiroh rodhiallahu 'anhu bahwa Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, (yang artinya),  "Puasa itu adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah mengucapkan ucapan kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa.(Hr. Bukhari)

Serius, yang begini sama sekali nggak gampang. Secara, kita punya telinga, kita punya hati dan juga bisa merasa. Lalu kita mendengar hujatan, makian, hinaan dan banyak hal yang nggak enak didengar telinga, tapi kita berusaha buat tetap nggak bergeming dan  menahan semua itu karena ingin pahala puasa kita nggak sia-sia.

Dan Allah adalah Dzat yang nggak akan pernah menyia-nyiakan usaha kita. Allah tahu bagaimana kita mengusahakan sabar dalam puasa kita itu. Dan Allah juga Maha Tahu bahwa nggak mudah buat kita melakukan itu semua. Maka Allah memberi ganjaran ahala yang besar untuk kita, karena usaha kita tersebut.

Allah Ta’ala berfirman “Yang demikian itu ialah karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan pada jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan sesuatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan yang demikian itu suatu amal saleh. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.” (QS. At Taubah : 120).

Sangat besar sekali pahala yang akan didapatkan oleh mereka yang berpuasa. Dan istimewanya lagi, Allah saja langsung yang memberikan pahala buat kita. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Setiap amalan kebaikan anak Adam akan dilipatgandakan menjadi 10 hingga 700 kali dari kebaikan yang semisal. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman (yang artinya), “Kecuali puasa, amalan tersebut untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya karena dia telah meninggalkan syahwat dan makanannya demi Aku.” (HR. Muslim)

Berbahagialah kita yang masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bisa bertemu Ramadhan dan berpuasa dibulan mulia ini. Nggak akan bisa kita beli kesempatan ini dengan sebanyak apapun harta yang kita miliki. Maka ayo kita benahi iman kita, kita mohon kepada Allah untuk memberikan hidayah kepada kita, agar kita bisa melanjutkan puasa kita sampai tuntas, dan mendapatkan pahala dan ridho yang banyak dari Allah.

 

(NayMa)

 



RELATED ARTICLE