Manfaat dari Berkurban yang Disebutkan dalam Dalil | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Manfaat dari Berkurban yang Disebutkan dalam Dalil

274 kali dilihat

Kurban adalah binatang yang disembelih ketika hari raya Idul Adha dan pada hari-hari Tasyriq sebagai bentuk ibadah kepada Allah. Di dalam Al-Qur'an sendiri terdapat sebuah firman Allah, yang menjadi pertanda disyari’atkannya ibadah qurban, (yang artinya),

“Dirikanlah salat dan berqurbanlah (an nahr).” (QS. Al Kautsar: 2).

Jenis kurban sendiri telah ditentukan oleh syariat, seperti onta, sapi, dan kambing. Sedang waktunya yaitu jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, dan hari-hari Tasyriq 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Dengan berkurban, Kita akan lebih dicintai oleh Allah dan akan lebih dekat kepadaNya. Seperti yang Rasul kita sabdakan, (yang artinya) , “Tidaklah pada hari nahr (idul adha) manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai oleh Allah daripada mengalirkan darah dari hewan qurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan qurban tersebut. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidizi).

Hijabers, berkurban bukan hanya sekedar menyembelih hewan saja, karena yang Allah harap bukanlah daging dan darah qurban itu sendiri. Allah adalah Sang Maha kaya, dan tidak butuh apapun dari hambanya. Kitalah yang butuh untuk membuktikan keikhlasan, serta harapan agar kita beroleh pahala dariNya. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman, (yang artinya), “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS. Al Hajj: 37).

Dengan berkurban, berarti kita juga telah mencontoh keikhlasan dan kesabaran Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam yang rela menyembelih anak tercintanya Ismail sebagai bentuk ketaatan dan kepada Allah. Selain itu, dengan berkorban, kita menghidupkan ajaran beliau bahwa kitapun harus menomor satukan Allah diatas segalanya yang kita cinta di dunia ini.

Karena itu Hijabers, jika kita ada kelapangan harta jangan menunda untuk berkurban. Mari kita buktikan keseriusan kita dalam menjadi hamba Allah yang baik. Karena sesungguhnya hidup kita tujuannya tiada lain hanyalah untuk berbakti dan mengabdi kepada Allah saja. “Katakanlah: sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam.” (QS. Al An’am: 162).



RELATED ARTICLE