Mantan Terindah | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Mantan Terindah

882 kali dilihat


(Diaryhijaber.com) - 

"Yang telah kau buat sungguhlah indah

buat diriku... susah lupaa..."

-mantan terindah-

Hayo lhoo!! yang senyum senyum... mikir apaan?? inget inget apa tuh??? ehem ehem.... hee...

Bait liriknya familiar banget kan dirimu say???

Cie.. mantan euy... mantan..

Eh, katanya nih inget inget mantan itu rasanya seperti "Kaya ada manis manisnya gitu" #Le Minerale 

Hee...

Tapi say, kalo emang manis dan indah banget, lah ngapain dulu "diselesaikan"?? kenapa dijadiin mantan yang berarti "yang udah selesai"... dia yang baek dan kitanya yang nggak baek, ato ternyata kitanya yang suka ingat ingat yang dulu dulu alias nggak mau move on??.

Kebukti, ternyata banyak ya dari kita yang nggak bisa ngelepas masa lalu dan ngelanjutin hidup.

Kali' ini hikmahnya ya Allah melarang kita nggak deket deket zina atau bahasa "keren"nya pacaran. Karena Allah tau kalo hubungan tanpa status halal itu pasti melibatkan hati dan perasaan. Buat cewek yang perasaannya lebih mendominasi, "kegiatan" itu bakal lebih membekas dan ninggalin jejak di hidupnya kelak. 

Susahnya nih, saat ternyata dimasa depan si cewek itu ternyata berjodoh dengan laki laki lain. Kemungkinan buat inget sama yang dulu pasti lebih ada. Padahal "Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya.” (HR. Tirmidzi) Pesan Rasulullah SAW ini menggambarkan betapa besar hak suami atas istrinya. Dalam hal apapun itu. 

Kalo kita jadi pasangan kita dan lalu kita diperlakukan dia persis kaya' kita memperlakukannya yaitu inget inget mantan walopun cuma di hati dan perasaan kita, gimana coba rasanya say?? sedih banget kan pastinya. 

Tapi tau nggak, mungkin pasangan kita bisa sedih, tapi lebih repot dan sedihnya itu di kitanya lho. Kok bs?? tentu ajah... saat inget mantan, mau nggak mau kita nglibatin perasaan. Sedikit banyak ada laah rasa "membandingkan" keadaan kita sekarang dengan yang dulu. Trus kalimat ini kadang juga ada tuh, "coba kalo gue dulu bgini..", "coba kalo gue dulu begitu..."... bla bla bla.... yang begitu pasti ngebuat tambah jadi sedih kan?. Jadi masalah lagi. Jadi lebih ribet lagi. Jadi lebih susah kita buat bersyukur kan say??? Padahal kalo kejadian bener kita bisa hidup sama sama dengan yang dulu, belum tentu hidup kita lebih baik dari yang sekarang. 

Say, kalo kita bisa bahagia, kenapa harus memilih buat bersedih dan merumitkan hidup kita sendiri siih saay???.

Allah berfirman,  "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” (Qs. Al Baqarah 216)

Jadi kalo kamu yang akhirnya sekarang lagi jomblo dan masih ketergantungan ama mantan, move on laah say... karena makin gede, kita harusnya juga kudu belajar lebih menghargai diri sendiri. Kalo memang semua dulu indah, rasanya aneh kalo ternyata kok ada namanya "mantan". Dulu kita jauh atau menjauh berarti kita ada ngerasa hal yang kurang pas di dia buat kita. Selain itu juga, mungkin bukan dia jodoh kita nanti. Allah mau memberi jodoh yang lebih baik buat kita. Karena Allah lebih tau kebutuhan kita. 

Dan kalo sekarang kita udah merit, maka pasangan kita adalah yang terbaik buat kita. Allah mau kasih kita banyak pelajaran dan hikmah lewat sebuah hubungan halal itu. Percaya deh, Allah lebih tau kebutuhan kita. 

Tapi kalo judulnya ternyata acara ingat mengingat itu udah nggak bisa di handle lagi, Al Quran telah mengingatkan kita, 

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila ditimpa dorongan melakukan keburukan dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka sadar". (QS Al-A raf [7]: 201)


(NayMa/Diaryhijaber.com)












RELATED ARTICLE