Masa Lalu, Biarlah Masa Lalu | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Masa Lalu, Biarlah Masa Lalu

616 kali dilihat

(Diaryhijaber.com) - Ada beberapa kasus di dunia ini tentang orang orang yang nggak bisa maafin dirinya sendiri karena kesalahan masa lalunya. Saking menyesalnya, dia terus ngehukum dirinya sendiri, padahal orang yang disakitinya pun udah pada maafin dia. Alhasil, terpuruklah dia, depresi dan jadi nggak jelas aja hidupnya.

Gaes, apapun masa lalu kita, terima. Kalo mungkin dulu kita sempat berbuat salah, yawdah akuin aja kalo kita salah, dan maafin diri sendiri aja. Be gentlemen, dan sayang diri sendiri, say! Toh kalo kita nggak ngelewatin proses itu, kita nggak akan jadi sebaik sekarang. Jangan malah nyiksa diri, buat apa? Apa itu akan jadiin kita lebih baik dan lebih maju kah??? Ayolah, jangan buat kesalahan baru yang bikin kita tuh makin menyesal bu kalo ingat nanti.

Manusia Nggak ada yang sempurna. Manusia emang tempatnya salah dan lupa. Dan yang begituh mah, nggak lo doank kali. Semua orang juga begituh. Cuman bedanya, lo aja yang nggak tau kelees apa aja salah mereka. Wkwkkwkw...

Dipikir positip dan asik aja say. Itu untung loh dikau masih inget dan akhirnya nyesel dengan kesalahan lo. Ada orang yang udah salah, tapi masih hore aja, dan nggak dikasih hidayah Allah pula buat nyadarin kesalahannya, apalagi menyesali apa yang udah diperbuat. Apalagi, apalagi acara berproses memperbaiki diri. Nah looo... makin berabe kan???

Inget nggak kisah Umar bin Khatab sahabat Rasulullah Salallahu ‘alaihi wassalam yang dijulukin singa padang pasir ituh? Dia juga punya masa lalu yang rada minus juga bu. Gimana nggak, putrinya yang baru lahir, dikubur idup idup buuu’. Yups, itu kejadian pas dia belum masuk Islam. Nah, pas Allah udah kasih dia hidayah, ya pasti dia nyesel kalo ingat. Tapi yawdah lah ya, yang penting hari hari dia selanjutnya kan oke, pemirsa. Ampe akhirnya dia mendapat gelar Al-Faruq, malah kan. Gelar itu berarti orang yang dapat membedakan antara kebaikan dan keburukan. Keren nggak tuh? Banget lah.

Gaes, lo nggak hidup dalam penilaian manusia laen. Yang penting dalam pandangan Allah tuh, lo gimana. Itu yang kudu dipentingkan. Karena itu, nggak usah pusing pusingin komentar orang yang bikin lo nggak maju dan hanya ngebuat lo makin terpuruk. Udah kebiasaan manusia kelees, mereka kalo denger yang negatip tuh wuuh hebring banget, bukannya nutupin malah makin dirame rame in. Biar pada pada lebay, dan dibuat acara pula’. Noh liat acara infotainment.

So, sudahlah... nggak asik juga kalo idup dibawa sedih dan galau mulu kali gaes. Yang penting kita pelajarannya ke depan adalah jangan ampe kita berbuat kesalahan untuk yang kedua, ketiga, keempat dan keberapa kalinya, yang bakal ngebuat kita kalo liat masa lalu jadi malu. Satu hal lagi, gimanapun penilaian orang atas kita dan penilaian kita atas diri kita sendiri, nggak bakal bisa ngalahin penilaian Allah atas kita. Lihat nih apa yang Allah bilang ke kita yang disampaikan lewat Lisan Rasululaah Salallahu alaihi wassalam,

Dari Anas radhiallahu 'anhu, ia berkata : Saya telah mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : Allah ta’ala telah berfirman : “Wahai anak Adam, selagi engkau meminta dan berharap kepada-Ku, maka Aku akan mengampuni dosamu dan Aku tidak pedulikan lagi. Wahai anak Adam, walaupun dosamu sampai setinggi langit, bila engkau mohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku memberi ampun kepadamu. Wahai anak Adam, jika engkau menemui Aku dengan membawa dosa sebanyak isi bumi, tetapi engkau tiada menyekutukan sesuatu dengan Aku, niscaya Aku datang kepadamu dengan (memberi) ampunan sepenuh bumi pula”. (HR. Tirmidzi, Hadits hasan shahih)

Yawdah gaes, nikmatin aja hari hari selanjutnya ini untuk berbuat baik dijalan Allah. Perbaikan diri dan terus memperbaiki diri. Biar kita nggak makin malu cyiin kalo nanti pas ketemu Allah trus kita suruh nanggung jawabin apapun yang udah kita perbuat. Masa lalu, biarlah masa laluuu.. apapun masa lalu kita baik ato buruk, kasih doa aja, semoga semua itu menjadi proses kita lebih baik, dan kedepannya kita juga makin baik dihadapan Allah. Setujuh??

 

(NayMa/diaryhijaber.com)
 
 



RELATED ARTICLE