Mencukur Bulu Ternyata Termasuk Sunnah Fitrnah | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Mencukur Bulu Ternyata Termasuk Sunnah Fitrnah

217 kali dilihat

Allah telah menyempurnakan Islam, dan menjadikannya rahmat bagi semesta alam. Islam tidak hanya mengatur berbagai hal dalam kehidupan manusia, namun juga mendatangkan kebaikan bagi siapapun yang meyakininya. Salah satunya adalah ajarannya tentang melakukan berbagai  sunah-sunah fitrah demi kebersihan dan keindahan diri pemeluknya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Ada lima macam fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

 “Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” Zakaria berkata bahwa Mu’shob berkata, “Aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur.” (HR. Muslim, Abu Daud, At Tirmidzi, An Nasai, Ibnu Majah)

Begitu indah cara Islam mengajarkan kepada kita tentang menjaga kebersihan dan keindahan diri kita. Dan barang siapa yang mau mengikuti apa yang diperintahkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam tersebut, maka tidak ada hal lain yang akan menimpanya kecuali hanya kemuliaan dan keindahan. Karena sudah menjadi fitrah manusia untuk mencintai kebersihan, hal- hal yang terawat dan jauh dari kerusakan.

Ibnu Hajar rahimahullah pun berujar, “sunnah fitrah ini akan mendatangkan faedah diniyyah dan duniawiyyah, di antaranya, akan memperindah penampilan, membersihkan badan, menjaga kesucian, menyelisihi simbol orang kafir, dan melaksanakan perintah syari’at”

Lalu apakah kitapun juga sudah melakukan sunah-sunah fitrah tersebut, Hijabers?



RELATED ARTICLE