Mendahulukan Tangan Kanan dalam Berpakaian | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Mendahulukan Tangan Kanan dalam Berpakaian

195 kali dilihat

Pakaian adalah juga nikmat Allah yang sangat besar untuk kita. Dengannya kita tampil lebih indah dan cantik, serta tertutupilah kekurangan fisik kita. Dan Islam telah mengatur juga tentang cara-cara berpakaian yang sesuai dengan tuntunan Rasul-Nya. Salah satunya adalah mendahulukan yang kanan dalam memakai pakaian.

Tidak hanya itu saja, dalam banyak hal Rasulullah lebih suka mendahulukan yang kanan untuk melakukan banyak kegiatan yang baik. Dari Aisyah Ummul Mukminin beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suka mendahulukan yang kanan ketika bersuci, bersisir dan memakai sandal.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan untuk hal-hal yang sebaliknya, kita dianjurkan untuk menggunakan sisi kiri. Contohnya ketika masuk WC, keluar dari masjid, istinjak, mencopot baju dan sepatu dan lain-lain.

Selain itu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam pun mencontohkan kepada kita untuk mengucapkan doa ketika memakai baju baru, (yang artinya),

"Ya Allah, hanya bagimu segala pujian, Engkaulah yang telah memberikanku pakaian, aku memohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan dari tujuan dibuatnya pakaian ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan dari tujuan dibuatnya pakaian ini.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Al-Hakim).

Semoga kita bisa mencontoh dan mempraktekkan apa- apa yang telah beliau ajarkan dalam kehidupan kita sehari-hari.



RELATED ARTICLE