Menikah Karena Allah | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Menikah Karena Allah

247 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Semua manusia mengharapkan kehidupan yang tenang dan damai. Salah satu cara untuk memenuhi semua itu adalah dengan menikah. Hidup bersama dan saling berbagi dengan jodoh yang diberikan Allah kepada kita adalah bagian dari nikmat Allah yang sangat besar kepada kita para hambaNya.

Sejatinya, pernikahan tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan jiwa raga manusia. Pernikahan juga bukan sekedar fitrah yang dilakukan manusia. Namun sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Sallam, pernikahan merupakan bagian dari ibadah kepada Allah ta’ala, dan untuk menyempurnakan separuh agama kita.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu,  ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi)

Pernikahan yang dilandasi iman kepada Allah akan menjadikan kehidupan kita lebih baik, nyaman dan tenang. Dan bukankah hal itu yang selama ini banyak kita cari, kita impikan serta kita usahakan?. Apalagi dengan menikah kita akan jauh perbuatan zina yang merusak serta gejolak syahwat yang akan menghancurkan hidup kita tidak kita arahkan ke jalan yang di ridhoi Allah Ta’ala.

Al Ghozali rahimahullah berkata, “Umumnya yang merusak agama seseorang ada dua hal yaitu kemaluan dan perutnya. Dengan menikah berarti seseorang telah menjaga diri dari salah satunya. Dengan nikah berarti seseorang membentengi diri dari godaan syaithon, membentengi diri dari syahwat dan lebih menundukkan pandangan.”

Karena itu, bagi siapapun kita yang telah siap lahir batin untuk menikah, maka segeralah menikah. Kuatkanlah niat kita menikah hanya karena mengharap ridho Allah saja. Dengan begitu, InshaAllah akan lebih selamatlah kita. Dan bila kita dalam kesempitan, Allah akan menolong kita, serta bila kita dalam keadaan miskin maka Allah yang akan mengkayakan kita. Itulah janji Allah ta’ala dalam firmannya, (yang artinya),

“.... Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur: 32).

Semoga Allah selalu akan memberkahi kehidupan pernikahan kita. Aamiin.

 



RELATED ARTICLE