Nama Baik Itu Sangat Mahal Dan Berharga | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Nama Baik Itu Sangat Mahal Dan Berharga

129 kali dilihat

Nama kita itu nggak sekedar penanda siapa kita. Tapi nama adalah juga bentuk dari sebuah kehormatan atas diri kita. Sehingga bila nama kita nggak lagi "baik", maka kitapun juga akan dipandang orang lain sebagai “yang tidak baik”. Dan selanjutnya, mereka juga akan malas berhubungan lagi dengan kita.

Karena itu jangan terlalu gegabah melakukan sesuatu yang jaminannya adalah hilangnya nama baik kita. Karena mungkin di suatu masa, kita akan bertaubat atas perbuatan buruk itu. Tapi sayangnya, manusia disekitar kita nggak akan mudah berpikiran seperti itu, kawan. Sejarah hidup kita akan tetap ada di kepala mereka. Bahkan sebagian dari mereka akan menganggap bahwa perbaikan kita hanya sekedar sebentar saja.

Kita memang hidup tidak mencari ridho manusia. Tapi kalaupun kita bisa dari awal tetap memiliki nama baik dan reputasi yang oke, lalu mengapa harus merusaknya sendiri dengan tangan kita pribadi? Jangan begitulah kawan. Rasa sayang yang pertama harus kita berikan adalah justru pada diri kita sendiri. Jagalah selalu iman dan akhlak kita agar nama baik kita tetap terjaga dengan baik dihadapan Allah dan dalam pandangan manusia.

Dan Islam memberikan arahan serius tentang cara menjaga nama baik kita ini. Jika kita mau belajar tentang Islam itu artinya kita mau berakhlak dan menjadi manusia yang lebih baik, dan memiliki nama baik. Karena ajaran Islam sungguh sempurna. Artinya mencakup dalam segala hal urusan manusia. Allah sendiri yang telah menyempurnakan Islam sebagai ajaran yang akan memuliakan hidup kita. Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya),

“Dan telah sempurna kalimat Rabb-mu (Al-Qur-an), (sebagai kalimat) yang benar dan adil …” [QS. Al-An’aam: 115]

Tapi masalahnya kawan, kita yang banyak nggak mau belajar tentang Islam. Sehingga kita jadi jauh dari cara yang pas, untuk menjaga nama baik kita sendiri. Kita yang merasa sudah bisa dengan konsep yang kita pikirkan sendiri, akhirnya percaya diri melangkah di dunia ini. Padahal kita hanya manusia yang pasti ada salah dan lupanya. Dan ketika kita salah dan lupa, maka nama baik kitapun yang harus jadi jaminan atas kecerobohan kita itu.

Maka dari itu, ayo pelajari tentang Islam. Agar kita nggak hanya sekedar berakhlak tapi juga terjaga nama baik kita dihadapan manusia dan dihadapan Allah pastinya. Memang bisa? Bisa kalau kita benar-benar meniatkan dengan niat yang kuat untuk semua itu. Lagi pula Allah Maha Pengasih dan Penyayang, pasti Dia akan membantu kita jika memang niat kita adalah untuk sebuah kebaikan. InshaAllah...

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE