Penuhi Syarat-Syarat Ini Jika Kita Ingin Masuk Surga | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Penuhi Syarat-Syarat Ini Jika Kita Ingin Masuk Surga

231 kali dilihat

Siapapun kita, pasti ingin kehidupan kita nanti berakhir di surga Allah yang indah. Surga dimana banyak kenikmatan yang akan kita dapatkan bahkan yang belum pernah temui dengan indrawi kita sebelumnya sewaktu di dunia. Seperti yang telah digambarkan dalam sebuah hadis qudsi yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, "Aku (Allah) telah menyediakan untuk hamba-hamba-Ku yang saleh suatu balasan (surga) yang belum pernah terlihat oleh mata, belum pernah terdengar oleh telinga, dan belum pernah terlintas di dalam hati.” (HR Bukhari).

Dan Rasulullah Shalallaahu alaihi wassalam pernah mengabarkan bahwa ada 4 syarat bagi kita para wanita yang pengen dan bercita-cita buat bisa benar-benar bisa jadi salah satu penduduk surga sana.

“Apabila seorang wanita (istri) itu telah melakukan shalat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga harga dirinya dan mentaati perintah suaminya, maka ia diundang di akhirat supaya masuk surga berdasarkan pintunya mana yang ia suka (sesuai pilihannya),” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Thabrani).

1. Shalat lima waktu

Adakah diantara diri kita yang masih suka iseng bolong sholatnya, kawan? Kalau iya, berarti harus kita selesaikan kebiasaan buruk itu sekarang. Secara, salah satu syarat buat bisa masuk surga adalah kita rutin buat sholat 5 waktu full sehari semalam.

Dan shalat yang terbaik bagi kita para wanita adalah di dalam rumah kita. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda,

“Shalatnya salah seorang di makhda’-nya (kamar khusus yang digunakan untuk menyimpan barang berharga) lebih utama daripada shalatnya di kamarnya. Dan shalatnya di kamar lebih utama daripada shalatnya di rumahnya. Dan shalatnya di rumahnya lebih utama daripada shalatnya di masjid kaumnya. Dan shalatnya di masjid kaumnya lebih utama daripada shalatnya bersamaku.” (HR. Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)

Tapi walaupun sholat wanita yang terbaik adalah di dalam rumahnya sendiri, tapi bukan berarti wanita dilarang melakukan shalat di masjid. Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha menceritakan: “Di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, para wanita yang ikut hadir dalam shalat berjamaah, selesai salam segera bangkit meninggalkan masjid pulang kembali ke rumah mereka. Sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan jamaah laki-laki tetap diam di tempat mereka sekedar waktu yang diinginkan Allah. Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangkit, bangkit pula kaum laki-laki tersebut.” (HR. Al-Bukhari)

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:

“Jangan kalian mencegah hamba-hamba perempuan Allah dari shalat di masjid-masjid-Nya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Puasa di bulan Ramadhan

Syarat kedua buat kita agar dapat tiket masuk surga adalah berpuasa di bulan Ramadhan. Kalau kita lagi hamil dan menyusui, lalu kalau kita berpuasa maka kesehatan bayi kita akan menurun, maka kita diperbolehkan tidak berpuasa. Sebagai gantinya, kita diharuskan membayar fidyah. “Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin).” (Al-Baqarah: 184)

Dan bila kita ingin berpuasa di hari lain selain di bulan Ramadhan, maka kitapun diperbolehkan namun dengan syarat bahwa suami kitapun memberi kita ijin untuk melakukannya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak dihalalkan bagi seorang istri berpuasa sedangkan suaminya ada di rumah kecuali dengan izinnya.” (HR. Bukhari-Muslim)

3. Menjaga kehormatan diri

Menjaga kehormatan diri salah satunya adalah dengan memastikan lisan dan kemaluan kita terjaga. Seperti yang telah disabdakan oleh Rasul kita, "Barangsiapa menjamin untukku apa yang ada di antara kedua dagunya dan apa yang ada di antara kedua kakinya, maka aku akan menjamin surga untuknya." (Muttafaq 'alaih)

4. Memenuhi hak suami kita

Memenuhi hak suami kita, adalah memiliki nilai pahala yang besar di hadapan Allah. Dan jika kita berhasil melakukannya dengan penuh keikhlasan hanya karena Allah, maka InshaAllah surgapun akan menjadi tempat tinggal yang abadi bagi diri kita kelak.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalau aku boleh memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain, maka aku akan memerintahkan para istri untuk sujud kepada suaminya, disebabkan karena Allah telah menetapkan hak bagi para suami atas mereka (para istri)” (HR Abu Dawud, Tirmidzi)

Ummu Salamah ra. berkata, Rasulullah juga bersabda, “Tiap-tiap istri yang wafat diridhai oleh suaminya, maka ia akan masuk surga,” (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Itulah kawan beberapa syarat yang harus kita penuhi apabila kita berharap banget kelak bisa menghuni surga Allah yang indah. Semoga Allah senantiasa menguatkan iman kita, dan membimbing kita, agar kelak kehidupan kita bisa benar-benar berakhir dengan indah disana. Aamiin.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE